Search This Blog

Kebiasaan Ini Picu Asam Lambung Naik

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda pernah mengalami sensasi terbakar di dada dan tenggorokan juga rasa sedikit pahit di mulut? Itu pertanda asam lambung naik yang bisa berujung pada sakit maag atau dikenal dengan istilah heartburn.

Heartburn terjadi ketika isi lambung kembali naik ke kerongkongan sehingga muncul sensasi terbakar. Rasa panas di dada tersebut merupakan salah satu gejala asam lambung naik, gejala lainnya seperti sakit tenggorokan, batuk kering, sulit menelan, dan muntah makanan atau cairan asam. Heartburn berkepanjangan merupakan gejala utama dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Makanan pedas memang paling sering dituding sebagai penyebab asam lambung naik, begitu pula dengan makanan berlemak. Tapi, selain makanan pedas dan lemak, berikut ini adalah lima hal yang memicu asam lambung lebih buruk.

1. Minum kopi
Makanan yang bisa memicu heartburn memang berbeda-beda bagi setiap orang. Tetapi, sebagian besar sering mengalami asam lambung naik setelah konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh juga cokelat.

2. Minuman keras dan rokok
Beberapa ahli percaya alkohol dan tembakau mempengaruhi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah yang memberi efek pada air liur juga memicu asam lambung naik. Selain itu, alkohol dan tembakau bisa membuat dehidrasi yang menurunkan jumlah air liur dalam mulut Anda. 

Jika Anda memiliki lebih sedikit air liur, Anda tidak dapat menghapus banyak asam dalam perut Anda dan beberapa asam yang dapat kembali ke tenggorokan Anda.

(Baca juga: Daun Kemangi Bisa Obati Asam Lambung)

3. Permen karet
Jika Anda penggemar permen karet rasa peppermint, sebaiknya mulai sekarang berhenti mengunyahnya. Seperti kafein, peppermint juga melemaskan otot sphincter yang membuat asam lambung meningkat. 

Jadi, apapun yang Anda makan atau minum yang mengandung minyak peppermint, teh, permen dan makanan penutup, bisa jadi pemicu asam lambung.

4. Makan larut malam
Hindari makan dua jam sebelum tidur untuk menghindari asam lambung naik. Makan kemudian berbaring bisa memperparah segalanya. Saat Anda tidur dalam posisi apapun, membuat asam lebih mudah untuk kembali ke tenggorokan. Makan sebelum tidur artinya memulai pencernaan yang bisa memperbanyak asam dalam perut Anda.

5. Makan berkali-kali
Segera setelah Anda mulai makan, tubuh Anda memulai pencernaan dan mulai memproduksi asam lambung. Semakin banyak makanan yang Anda masukkan ke dalam, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan makanan dan asam untuk usus Anda. 

Sehingga, tubuh Anda memproduksi semua asam tersebut dan tidak mengosongkan asam dalam usus kecil. Itu berarti ada lebih banyak kesempatan bahwa beberapa asam akan muncul dari perut ke tenggorokan.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2ekyjzS; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Kebiasaan Ini Picu Asam Lambung Naik
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kebiasaan Ini Picu Asam Lambung Naik"

Post a Comment

Powered by Blogger.