Search This Blog

Studi: Bayi yang Tidur Seranjang dengan Orangtua Rentan Depresi

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidur seranjang dengan bayi adalah hal yang lumrah. Selain dapat membangun kedekatan, sekaligus menjaga bayi agar tetap aman.

Namun, sebuah penelitian menunjukkan, bayi yang tidur seranjang dengan orangtua lebih rentan mengalami kecemasan dan depresi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Affective Disorders menganalisis 3.583 anak di Brasil, dan melihat dampak dari berbagi tempat tidur dengan ibunya. Para peneliti mengevaluasi anak-anak dengan interval usia mulai 3 bulan hingga 6 tahun.

Psikolog juga menganalisis kemungkinan apakah anak-anak mengalami gangguan seperti depresi atau kecemasan hingga gangguan seperti pemberontak, ADHD atau gangguan perilaku.

Secara keseluruhan, mereka yang berbagi tempat tidur dalam waktu lama memiliki tingkat yang lebih tingi dari masalah kesehatan mental daripada mereka yang tidak berbagi tempat tidur dengan sang
ibu. Kesimpulannya, anak-anak yang dari awal lahir berbagi ranjang dikaitkan dengan terjadinya peningkatan masalah kecemasan atau depresi pada usia 6 tahun. Tentu saja, setiap penelitian memiliki kekurangannya.

Pada penelitian ini, ukuran sampel cukup kecil dibandingkan dengan jumlah bayi yang ada. Penelitian juga tidak mencatat bagaimana kondisi ibu dan bayi sehingga mereka tidur bersama. Apakah sudah menjadi pilihan ibu untuk tidur dengan bayinya, atau memang karena kondisi rumah yang tidak memungkinkan untuk tidur berpisah.

The American Academy of Pediatric merekomendasikan orang tua berbagi kamar dengan bayi mereka hingga setidaknya berusia minimal 6 bulan atau satu tahun, untuk melindungi mereka dari SIDS (sindrom kematian bayi mendadak).

Orang tua juga sebaiknya tidak meninggalkan bayi mereka tidur sendirian atau bersama orang lain di sofa ataupun ranjang yang terlalu empuk untuk menghindari SIDS.

 
Baca Berita Asal
Studi: Bayi yang Tidur Seranjang dengan Orangtua Rentan Depresi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Bayi yang Tidur Seranjang dengan Orangtua Rentan Depresi"

Post a Comment

Powered by Blogger.