Search This Blog

10 Makanan untuk Kesehatan Organ Hati

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesehatan hati tak kalah penting dengan kesehatan otak, jantung, ginjal dan organ vital tubuh lainnya. Menjaga kesehatan hati dengan makanan dapat mempertahankan fungsi hati tetap optimal.

Hati yang sehat memainkan peran penting untuk mengurangi masalah pencernaan, seperti metabolisme yang lambat, dan gas yang menyebabkan kembung dan sembelit.

Hati juga berperan mengatur kadar gula darah, yang menyebabkan keinginan makan makanan manis secara berlebihan dan tidak fokus berfikir ketika jumlahnya tak seimbang.

Adanya racun dalam organ hati dapat menyebabkan penyakit radang seperti diabetes, radang sendi, tekanan darah tinggi dan penyakit autoimun. Tanpa hati yang sehat, Anda bisa menderita ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan pusing, perubahan suasana hati, dan depresi.

Karena itu, sangat penting menjaga kesehatan organ ini dengan cara mengonsumsi makanan yang bisa menguras racun di organ hati. Apa saja?

1. Air

Setiap manusia membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Apalagi, tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Air memiliki fungsi untuk menguras racun tubuh, menghilangkan kantuk sehingga Anda merasa lebih berenergi, dan mempercepat metabolisme untuk memaksimalkan pembakaran kalori.

Hindari minum air es saat makan karena tubuh Anda menggunakan energi untuk menghangatkan es, sehingga menipiskan enzim pencernaan yang penting.


2. Sayuran kubis dan silangan

Sayuran dari keluarga kubis seperti brokoli, kubis, kembang kol, bokchoy dan lobak, kaya akan senyawa fenolik yang dapat mencegah pembentukan karsinogen (zat pemicu kanker) dalam perut. Senyawa tersebut bekerja dengan cara memberi respons terhadap makanan yang
dibuat dengan minyak terhidrogenasi dan natrium nitrit.

Sayuran ini mengandung fitonutrien-flavanoid penting, karotenoid, sulforaphane, dan indoles yang membantu hati menetralisir bahan kimia, pestisida, obat-obatan dan karsinogen, serta makanan terbaik untuk melawan alergi.

3. Sayuran berdaun hijau gelap

Kale, kubis Brussels, dan kubis adalah sayuran yang mengandung kadar belerang tinggi, yang dapat mendukung hati dalam proses detoksifikasi, memicu untuk menghilangkan radikal bebas, dan bahan kimia beracun lainnya.

4. Sayuran laut

Sayuran dari laut dapat mengeluarkan racun dari tubuh dengan mencegah asimilasi logam berat seperti kadmium, serta racun lingkungan lainnya. Studi di McGill University telah mengungkapkan bahwa senyawa dalam ganggang cokelat mengurangi penyerapan radioaktif ke tulang.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa sulfur aktif yang disebut allicin, untuk menghilangkan racun dari hati. Ini membantu hati Anda membersihkan tubuh dari paparan merkuri, zat aditif makanan tertentu dan hormon estrogen.

6. Telur

Telur memberikan protein berkualitas tertinggi yang mengandung delapan asam amino esensial, kolesterol dan nutrisi kolin yang penting. Hati membutuhkan asam amino esensial untuk melakukan proses detoksifikasi. Kolin adalah koenzim yang dibutuhkan untuk metabolisme dan ditemukan pada kuning telur dan melindungi hati dari berbagai zat beracun.

7. Berry

Blueberry,stroberi, raspberi dan cranberries merupakan superfood alami karena mengandung senyawa tanaman fitokimia, antioksidan tinggi yang ada pada tanaman dan membantu hati melindungi dirinya dari radikal bebas dan tekanan oksidatif, yang dikaitkan dengan penyakit kronis dan penuaan. Antosianin dan polifenol yang ada pada buah terbukti menghambat proliferasi sel kanker di hati.

8. Apel

Seperti berry, apel juga mengandung senyawa fenolik yang kuat termasuk flavanoid, yang dapat melawan penyakit peradangan. Apel juga mengandung pektin, sumber berharga dari serat larut yang membantu membersihkan penumpukan racun.

9. Makanan fermentasi

Ini termasuk kimchi, makanan tradisional korea yang terbuat dari kubis yang difermentasi, lobak, bawang puti, cabai, bawang merah, jahe dan garam. Fermentasi merupakan bentuk kuno pengawetan makanan dimana makanan alami diubah oleh mikroorganisme yang memecah semua karbohidrat makanan dan protein, membantu pencernaan berkat bakteri sehat seperti lactobacilli.

Miso, sup rumput laut dari Jepang juga salah satu makanan fermentasi yang baik.

10. Minyak kelapa dan minyak zaitun

Minyak kelapa merupakan lemak jenuh sehat yang mudah dicerna dan segera dipecah oleh enzim dalam air liur, dan juga air pada lambung. Sedangkan minyak zaitun kaya akan fenols, senyawa anti peradangan yang juga ditemukan pada apel dan buah-buahan berry. Rutin konsumsi minyak zaitun membantu hati mengurangi tekanan oksidasi dalam tubuh.

 
Baca Berita Asal
10 Makanan untuk Kesehatan Organ Hati
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Makanan untuk Kesehatan Organ Hati"

Post a Comment

Powered by Blogger.