Search This Blog

Rambut Pada Tahi Lalat Pertanda Kanker?

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahi lalat di kulit muncul ketika sel-sel melanosit tumbuh secara berkelompok dan tidak menyebar ke seluruh kulit. Tahi lalat yang tumbuh tidak normal, seringkali dikaitkan dengan kanker kulit.

Salah satu ciri tahi lalat yang paling sering disebut-sebut berpotensi kanker adalah jika tahi lalat ditumbuhi rambut di sekitarnya. Padahal, rambut yang tumbuh di tahi lalat pada umumnya tidak memiliki sifat pemicu kanker karena kanker tidak bisa tumbuh di struktur yang normal seperti proses pertumbuhan rambut.

Apabila tahi lalat terletak di atas folikel rambut, maka rambut akan tumbuh melalui tahi lalat. Tapi, jika daerah tersebut rusak, misalnya karena mengembangkan kanker kulit, ini bisa membahayakan folikel rambut sehingga rambut tidak akan bisa tumbuh.

Melanoma adalah penyakit yang harus Anda khawatirkan selain kanker kulit. Penyakit yang merupakan jenis mematikan dari kanker kulit ini dapat mengubah tahi lalat berubah menjadi kanker. Penyakit melanoma yang terlambat diketahui bisa berujung pada kematian.

Tahi lalat yang ditumbuhi rambut bisa berubah menjadi kanker, selama rambut yang ada di tahi lalat itu tidak pernah tumbuh atau memanjang lagi.

(Baca juga: Ukur Konsumsi Karbohidrat Menggunakan Sepotong Cracker)

Anda yang memiliki tahi lalat dengan rambut tak perlu khawatir. Jenis tahi lalat yang ditumbuhi rambut tidak mungkin berubah menjadi melanoma. Namun, Anda harus tetap perhatikan perkembangan atau apapun yang terjadi pada tahi lalat Anda. 

1. Batasan yang tidak teratur
Biasanya bagian terluar dari tahi lalat lembut dan beraturan. Lobulus atau tonjolan tahi lalat harus Anda perhatikan ukurannya apakah teratur atau tidak beraturan.

2. Variasi warna
Bila warna tahi lalat berubah-ubah misalnya kadang hitam, coklat, dan merah muda, ini tanda bahwa tahi lalat perlu mendapat perhatian lebih lagi.

3. Ukuran besar
Secara umum, tahi lalat normal kurang dari 6 mm. Tahi lalat yang lebih besar dari ukuran normal patut diperhatikan perkembangannya.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2e2Rlvb; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Rambut Pada Tahi Lalat Pertanda Kanker?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rambut Pada Tahi Lalat Pertanda Kanker?"

Post a Comment

Powered by Blogger.