Search This Blog

Ini Sebab Mual Usia Minum Vitamin C

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai orang yang aktif dengan sederet pekerjaan dan aktivitas setiap hari, tubuh memerlukan ekstra tenaga untuk tetap menjalankan fungsinya dengan baik. 

Seringkali, padatnya kegiatan dapat membuat tubuh kelelahan dan bisa saja membuat Anda jatuh sakit.

Sakit mungkin saja terjadi saat Anda kelelahan karena daya tahan tubuh juga ikut melemah. Sebagian besar orang memilih mengonsumsi vitamin C untuk menambah daya tahan tubuh.

(Baca juga: Benarkah Ada Multivitamin yang Bikin Cerdas?)

Tetapi, vitamin C terkadang membuat beberapa orang mual setelah minum di pagi hari. Jika Anda termasuk salah satu orang yang mengalami mual usai minum vitamin C, cek penyebabnya berikut ini.

1. Minum vitamin saat perut kosong
Jika Anda minum vitamin C dalam keadaan perut kosong, ini bisa menyebabkan iritasi ringan pada perut. Biasanya, proses ini memakan waktu dua hingga tiga jam bagi vitamin untuk masuk ke dalam usus. Waktu ini adalah saat dimana tidak ada iritasi dan mual. Sebaiknya, minum vitamin setelah makan.

2. Salah minum vitamin
Kesalahan cara meminum vitamin juga bisa memicu perut mual setelah menelannya. Lapisan luar yang ada pada vitamin dapat menjaganya dari proses larut yang cepat dan bisa mengakibatkan iritasi. 

Jika Anda minum vitamin yang sudah dilapisi bahan tertentu (seperti yang terdapat pada kapsul) dan masih mual, coba periksa ke dokter. Biasanya, dokter akan mengganti vitamin yang semula kapsul menjadi vitamin yang dapat dikunyah.

3. Minum vitamin C berlebihan
Terlalu banyak minum vitamin dapat memicu mual. Vitamin C, E dan zat besi memang cenderung menyebabkan lebih banyak iritasi di perut Anda. Bila multivitamin Anda memiliki kandungan yang tinggi di antara vitamin C, E, dan zat besi, cobalah memilih salah satu kandungan yang tertinggi dan dibutuhkan saja.

4. Minum terlalu banyak vitamin yang larut dalam lemak
Mual bisa terjadi karena Anda minum terlalu banyak vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D, E dan K. Jika vitamin yang tidak larut lemak dikeluarkan lewat urine, sedangkan yang larut dalam lemak meninggalkan sisa dalam tubuh Anda, sehingga perut bisa terasa mual.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2ezeHIi; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Ini Sebab Mual Usia Minum Vitamin C
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Sebab Mual Usia Minum Vitamin C"

Post a Comment

Powered by Blogger.