Search This Blog

5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Payudara

Metrotvnews.com, Jakarta: Kanker payudara menjadi momok menakutkan bagi perempuan. Berdasarkan data, 40 persen penderita berhasil melakukan deteksi dini alias berobat pada stadium awal. Sementara, 30 persen lainnya baru terdeteksi pada stadium lanjut.

Bagaimana pun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain rutin melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri), menjaga pola makan merupakan kunci utama mencegah penyakit ini.

Ada beberapa makanan yang mampu menurunkan risiko kanker payudara, dan meringankan nyeri payudara ketika PMS (premenstrual syndrome). Apa saja?

1. Kedelai

Penelitian menemukan, perempuan yang sering makan makanan berbahan kedelai, seperti tahu, tempe, dan miso memiliki banyak senyawa daidzein dan genistein dalam tubuh mereka. Senyawa ini menurunkan risiko payudara fibrokistik. Studi juga menunjukkan bahwa kedelai  membantu meringankan efek samping dari menopause, termasuk osteoporosis dan penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan terhadap 9.514 penderita kanker payudara menemukan bahwa konsumsi kedelai membantu mencegah tumor muncul lagi.

2. Ekstrak gandum

Ekstrak gandum terbukti mengurangi berbagai gejala PMS dengan gejala nyeri pada payudara. Studi yang diikuti 100 perempuan yang sedang mengalami PMS ini membuktikan, mengonsumsi ekstrak gandum membantu menurunkan kelelahan, emosi, jantung berdebar, sakit kepala,
masalah tidur, nafsu makan meningkat dan mengidam makanan.

3. Blueberry

Ekstrak dan buah blueberry terbukti efektif menurunkan pertumbuhan sel tumor payudara. Makan 6 ons blueberry setiap hari
dapat melawan kanker.

4. Labu

Betakaroten yang terdapat pada labu dan sayuran lain yang berwarna oranye atau merah terang, sangat penting untuk mengurangi risiko munculnya benjolan, yang merupakan efek samping dari payudara fibrokistik. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan seperti labu yang kaya betakaroten menyehatkan payudara. Selain labu, ubi jalar juga menawarkan manfaat yang sama.

5. Teh sage

Teh sage sering direkomendasikan sebagai obat alami untuk orang-orang yang berkeringat berlebih dari biasanya. Keringat yang menetes di payudara bisa membuat Anda tidak nyaman. Anda bisa menambahkan teh sage atau sage segar untuk menangani keringat berlebih. Perlu diingat, sage tidak cocok untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan kontraksi.



Lihat Video: Perlukah Les Tambahan untuk Anak

<iframe class="embedv" width="560" height="315" src="http://ift.tt/2cGgCuZ; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
 
Baca Berita Asal
5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Payudara
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Payudara"

Post a Comment

Powered by Blogger.