Search This Blog

Kebiasaan Akhir Pekan yang Merusak Pola Tidur

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di akhir pekan dapat mengganggu jam tidur di hari-hari kerja.

Kebanyakan orang memanfaatkan akhir pekan untuk beristirahat secara total. Namun ternyata kegiatan tersebut dapat memengaruhi pola tidur di hari kerja sehingga menyebabkan insomnia.

Berikut adalah beberapa kegiatan di akhir pekan yang justru membuat tubuh menjadi tak bugar di hari yang produktif.

1. Terlalu banyak tidur
Berdasarkan sebuah penelitian di Katolinska Insitute di Swedia, jadwal tidur yang tak normal akan membuat siklus alami bingung. Tidur sangat larut atau terlalu lama tidur siang membuat tubuh tak memiliki persiapan untuk tidur secara normal dan hal tersebut dapat menyebabkan seseorang seperti mengalami jetlag.

Namun, bukan berarti Anda tak boleh tidur lebih lama di akhir pekan. Tambahan waktu yang masih bisa ditoleransi adalah 30 menit dari pola tidur biasa. Jika tidak, siklus tidur Anda akan mengalami gangguan.

2. Terlalu banyak konsumsi alkohol
Terlalu banyak konsumsi alkohol di akhir pekan dapat mengganggu pola tidur pada hari-hari selanjutnya karena minuman keras berpengaruh pada pola dan kualitas tidur.

Sebuah studi mengemukakan bahwa meskipun membuat orang cepat terlelap, alkohol pada dasarnya menginterupsi tahapan REM pada tidur Anda di malam hari.

Solusi yang dapat ditawarkan dari kebiasaan ini adalah mengurangi konsumsi alkohol atau memberikan waktu beberapa jam setelah minum alkohol sebelum akhirnya terlelap.

(Baca juga: Jakarta Cerah Berawan di Akhir Pekan)

3. Tidak berolahraga sama sekali
Meskipun masih ada perdebatan tentang olahraga sebelum tidur, beberapa studi menunjukkan bahwa tidak adanya aktivitas fisik di akhir pekan dapat merusak pola tidur seseorang.

Sebuah studi dari Appalachian State University di Carolina Utara menunjukkan bahwa olahraga pagi dapat meningkatkan kualitas tidur setiap malam karena membuat tidur menjadi lebih nyenyak sebesar 75 persen dibandingkan mereka yang olahraga di waktu lain.

Ketika seseorang ingin beristirahat di akhir pekan, tubuh tetap membutuhkan pola regular, setidaknya 10 menit di pagi hari sebelum tidur.

4. Terlalu banyak menonton TV
Ketika Anda seharian hanya menonton TV di akhir pekan, pikiran dalam otak yang statis membuat organ tersebut semakin sulit untuk beristirahat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa jika waktu menonton TV dibatasi, kebanyakan orang akan tidur lebih cepat dengan durasi yang lebih lama.

Oleh karena itu, meskipun akhir pekan memiliki lebih banyak waktu luang untuk bersantai, tetaplah lakukan beberapa aktivitas fisik dan pastikan tubuh mendapatkan waktu tidur yang tepat.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2dfZsn0; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Kebiasaan Akhir Pekan yang Merusak Pola Tidur
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kebiasaan Akhir Pekan yang Merusak Pola Tidur"

Post a Comment

Powered by Blogger.