Search This Blog

Waktu Terbaik Berolahraga

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi yang ditulis dalam jurnal ilmiah Cell Metabolism mengklaim bahwa waktu olahraga terbaik adalah di pagi atau siang hari.

Penelitian dari Chicago's Northwestern University tersebut mengungkapkan bahwa pada dasarnya otot beroperasi sesuai dengan ritme sirkadian tersendiri. Artinya tubuh akan memberi respons yang berbeda setiap waktu olahraga.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa waktu paling efisien bagi otot adalah saat Anda terjaga atau sadar sepenuhnya.

"Oksigen dan jam internal tubuh berkolaborasi dalam sel-sel otot untuk menghasilkan energi, dan siang hari adalah waktu yang paling baik bagi keduanya untuk sinkron," ujar penulis studi Profesor Dr Joseph Bass dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan, kapasitas sel untuk menjalankan fungsi dan kontraksi terpenting paling baik dilakukan di siang hari.

"Kami tidak menganjurkan hal ini untuk para atlet ke depannya, namun kami harap Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk mengoptimalkan fungsi otot," tambahnya.

Bass mengungkapkan, saat jam internal tubuh dalam sel otot dimatikan, maka sel tersebut akan mencegah kapasitas normal saat berolahraga untuk mengindukasi konsumsi gula dan menghasilkan asam laktat.

Pola tersebut dapat dimanipulasi dengan obat-obatan, namun dengan konsekuensi tertentu.

"Di masa depan, kita bisa menemukan cara-cara baru untuk memanipulasi respons oksigen dari sel dengan mengatur ulang jam," katanya.

Sebagai penutup, ia mengatakan bahwa penelitian tersebut merupakasn salah satu langkah penting untuk memahami bagaimana dampak metabolisme glukosa pada diabetes.
Baca Berita Asal
Waktu Terbaik Berolahraga
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waktu Terbaik Berolahraga"

Post a Comment

Powered by Blogger.