Search This Blog

Berapa Tinggi Hak Sepatu yang Tepat untuk Hindari Osteoarthritis?

Metrotvnews.com, Jakarta: Osteoarthritis atau pengapuran sendi adalah penyakit degenaratif yang tak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Biasanya, penyakit ini menyerang mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri tersebut paling sering dikeluhkan pada bagian lutut. Sendi yang terletak di antara tulang paha dan tulang betis tersebut memang bagian yang cukup rawan mengalami nyeri karena beberapa hal, seperti berat badan berlebih dan kebiasaan-kebiasaan lain.

Untuk memperlambat terjadinya osteoarthritis lutut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti disarankan oleh dr. Deasy Erika, SpFKR dalam diskusi media Genicular Nerve Block and Ablation, Jumat (21/10/2010).

(Baca juga: Hilangkan Keriput di Kaki dengan Cara Ini)

"Menjaga berat badan adalah wajib. Karena pada dasarnya semakin berat seseorang, makin riskan terkena osteoarthritis atau osteoporosis (keropos tulang)," tukasnya.

Saat berdiri dan berjalan, satu lutut menopang beban sebesar 6-7 kali berat tubuh. Oleh karena itu, semakin banyak lemak yang tertimbun, maka semakin banyak tekanan yang diberikan pada lutut.

Namun, ia menyarankan agar mengontrol berat badan secara konstan, tidak berubah-ubah dalam jangka waktu singkat, karena hal tersebut akan semakin menambah beban pada tubuh.

"Jangan seperti yoyo yang awalnya gendut kemudian mengurus sebentar, lalu gemuk lagi. Nanti otot yang juatru melemah karena berubah-ubah," sarannya.

Bagi para wanita, yang lebih rentan terkena osteoarthritis, penggunaan sepatu hak tinggi dengan ukuran di luar batas wajar adalah salah satu pemicu utamanya.

"Sebaiknya gunakan sepatu dengan hak setinggi tiga centimeter karena pada ketinggian tersebut gravitasi tubuh jatuh pada tempatnya," terangnya.

Jika tinggi hak sepatu melebihi angka tersebut, akan terjadi perubahan titik tumpu tubuh mejadi tak seimbang dan hal tersebut dapat membuat risiko osteoarthritis semakin besar. 




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2eJiZMl; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Berapa Tinggi Hak Sepatu yang Tepat untuk Hindari Osteoarthritis?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berapa Tinggi Hak Sepatu yang Tepat untuk Hindari Osteoarthritis?"

Post a Comment

Powered by Blogger.