Search This Blog

Tips Takaran Tepat Susu di Botol untuk Si Kecil

Metrotvnews.com, Jakarta: ASI memang asupan yang paling terbaik untuk si kecil, namun ada kalanya ibu memberikan susu di dalam botol. Jangan hanya mengira-ngira, apalagi dengan menggunakan takaran "perasaan". Mari ketahui bagaimana takaran yang tepat susu botol untuk si kecil.

(Baca juga: Bayi Prematur Lebih Pintar Bila Diberi ASI Eksklusif Sebulan Pertama)

Dr. H. M. Nana Karnaen, SpA, dari Brawijaya Women & Children Hospital memberikan tipnya berikut ini:

•Sebaiknya mengkonsumsi susu botol diperhatikan waktu-waktunya.

•Sebaiknya diberikan setiap satu, dua, atau tiga jam sekali kepada bayi. Karena jika kurang, maka berat badan bayi jadi akan berkurang.

•Bayi usia 0 – 2 minggu meminum susu botol 6-7 kali dalam sehari jika mampu (jangan dipaksakan). Hari pertama minum 15 – 25 cc dalam setiap kali minum, dan tiap hari dinaikkan 15 cc sampai jumlah sekali minum 90 – 120 cc. Pada umur 2 minggu atau lebih jumlah totalnya asupan susu 600 - 900 cc per hari. 

•Sebelum 3 jam bayi harus diminumkan susu lagi bila belum dapat asupan makanan tambahan. 

•Ibu jangan memaksakan terus menerus susu pada si kecil. Jika ia telah anteng, itu tanda ia telah kenyang. Jika dipaksakan maka ia akan muntah.  Bila malas minum atau sering muntah kemungkinan si kecil sedang tidak sehat.

•Sebelum mempersiapkan susu botol, ibu  jangan lupa untuk menstrerilkan botol. Tentu ini untuk menghindari infeksi yang dapat menimbulkan diare.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2eqkzHd; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Tips Takaran Tepat Susu di Botol untuk Si Kecil
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Takaran Tepat Susu di Botol untuk Si Kecil"

Post a Comment

Powered by Blogger.