Search This Blog

Cara Cegah Osteoporosis di Usia Dini

Metrotvnews.com, Jakarta: Osteoporosis atau keropos tulang adalah masalah kesehatan yang menyerang wanita dan pria. Namun, risiko penyakit ini lebih besar pada wanita, terutama saat memasuki masa menopause, karena karena penurunan hormon estrogen yang terjadi.

Meski demikian, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di masa produktif untuk menguatkan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis dini.

"Keropos tulang adalah hal yang tak mungkin dihindari. Namun, perubahan gaya hdiup bisa membantu memperlambat proses," ujar Deena Adimoolam, MD, asisten profesor diabetes, endokrinologi, dan penyakit tulang di Mount Sinai School of Medicine.

Ia menjelaskan, pada usia 20 tahun, tulang masih bisa dibangun kembali sehingga seseorang bisa terus menguatkan tulang mereka di masa tersebut.

Berikut adalah beberapa gaya hidup yang bisa membantu mengurangi risiko osteoporosis.

1. Tetap aktif
Salah satu kegiatan yan gharus dipertahankan sejak usia 20 adalah olahraga rutin. Namun, tak semua jenis olahraga memperkuat tulang.

"Aktivitas fisik yang jelas memberi keuntungan pada kesehatan tulang adalah olahraga yang berhubungan dnegan angkat beban," tambah Dr. Adimoolam.

Selain itu, menurut sebuah penelitian dari Brigham Ypung University, olahraga yang melibatkan gerakan melompat juga dapat meningkatkan masa jenis mineral pada tulang panggul di masa pramenopause.

2. Makan makanan yang tepat
"Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang," ungkap Dr. Adimoolam.

Beberapa contoh makanan kaya kalsium yang baik dikonsumsi tiap hari adalah  produk susu, yogurt, kacang Jepang, almond, dan jeruk. Sementara, vitamin D dapat ditemukan pada makanan salmon, telur, dan sereal.

Beberapa makanan lain yang juga memberi banyak manfaat pada tulang adalah pisang yang memiliki kandungan potasium untuk memperkuat tulang dan mengurangi penyerapan, plum yang mengandung vitamin K untuk menyehatkan tulang, dan minyak zaitun dengan kandungan oleuropein yang mampu mencegah keropos tulang.

3. Atur berat badan sehat
Selain makan sehat dan berolahraga, Dr. Adimoolam juga menekankan pentinngnya berat badan yang normal.

"Wanita yang terlalu kurus memiliki risiko osteoporosis dini," tegasnya.

Namun, berat badan berlebih juga bisa meningkatkan risiko. Sebuah penelitian di Hardvard University menemukan bahwa wanita premenopause yang memiliki lebih banyak lemak visceral berisiko mengalami penurunan kepadatan mineral tulang.

<iframe class="embedv" width="600" height="400" src="http://ift.tt/2dQ48Oe; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Cara Cegah Osteoporosis di Usia Dini
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Cegah Osteoporosis di Usia Dini"

Post a Comment

Powered by Blogger.