Search This Blog

Pentingnya Mikronutrien untuk Anak Usia Balita

Metrotvnews.com, Jakarta: Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan
peningkatan prevalensi malnutrisi pada balita dibandingkan tahun sebelumnya.

Prevalensi anemia pada balita usia 12-59 bulan di Indonesia sebesar 28,1 persen, yang artinya 1 dari 4 balita
di Indonesia menderita anemia. Data yang sama juga menunjukkan 1 dari 3 balita di Indonesia menderita stunting (pendek). Apa penyebab terjadinya hal ini?

Pemberian MP-ASI yang tepat
Seribu hari pertama kehidupan anak adalah masa penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Pemenuhan gizi yang cukup diperlukan untuk mendukung kesehatan anak di masa depan. 

WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, dan memperkenalkan makanan pendamping ASI seperti yang disarankan oleh tenaga kesehatan sejak bayi genap berusia 6 bulan, dan tetap memberikan ASI sampai anak berusia 2 tahun atau lebih. 

(Baca juga: Orangtua Diminta Lebih Waspada Saat Pamer Foto Anak di Media Sosial)

Agar anak tetap sehat pada masa penyapihan, MP-ASI harus bernutrisi, bersih, aman, dan diberikan dalam jumlah yang tepat. Namun tampaknya praktek pemberian MP-ASI di Indonesia belum sesuai dengan rekomendasi WHO. Hal ini kemungkinan menjadi salah satu penyebab masih tingginya angka malnutrisi di Indonesia. 

“Berdasarkan kajian literatur, secara umum praktek pemberian MP-ASI pada anak belum optimal. Hal ini menjadi salah satu penyebab masih tingginya angka malnutrisi pada anak di Indonesia,” ungkap dr. Trevino A. Pakasi, MS, PhD, Divisi Kedokteran Keluarga, Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Pemberian MP-ASI harus dilakukan dengan tepat, baik waktu, jumlah, jenis, dan kualitasnya. Kekurangan asupan mikronutrien dalam jangka panjang dapat berakibat pada defisiensi zat gizi mikro sampai terjadi gejala klinis seperti anemia. Jika tidak segera ditangani, maka anemia akan berdampak negatif seperti penurunan kognitif dan anak mudah terkena infeksi.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2eEeLVY; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Pentingnya Mikronutrien untuk Anak Usia Balita
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pentingnya Mikronutrien untuk Anak Usia Balita"

Post a Comment

Powered by Blogger.