Search This Blog

Membedakan Bayi Mengiler Normal dan Tidak

Metrotvnews.com, Jakarta: Mitosnya jika bayi mengiler, sesuatu yang diinginkan tidak didapatkan saat hamil? Ternyata hal tersebut bisa dijelaskan secara medis.

Mengiler atau yang biasa suka disebut dengan “ngeces”, menurut dr. Mulya Rahma Karyanti, SpA, dari FKUI-RSCM, Jakarta, biasanya suka terjadi pada anak bayi sampai dengan balita, dan dalam dunia medis disebut juga dengan istilah drooling. 

Dr. Mulya menerangkan bahwa,“Dari aspek medis, drooling adalah produksi air liur yang keluar dari mulut. Drooling dapat disebabkan oleh karena produksi berlebihan dari air liur, ketidak mampuan mulut untuk menahan air liur, atau adanya gangguan dalam proses menelan.” 

(Baca juga: Virus Zika dan Dampaknya Terhadap Janin)

Dan drooling pada bayi dan balita, ungkap Dr. Mulya masih dianggap normal jika ada pertumbuhan gigi, atau ada infeksi pernafasan atas, dan alergi hidung (nasal).

Membedakan yang tidak wajar
Sekarang, bagaimana cara membedakan drooling yang wajar dan tidak wajar? Dr. Mulya menjelaskan, drooling yang tidak wajar dapat terjadi pada anak dengan demam disertai penyakit infeksi saluran pernafasan atas, abses pada daerah tenggorokan, infeksi radang tenggorokan dan penyakit mononukleosis. 

Drooling juga dapat terjadi pada anak dengan gangguan neurologi seperti serebral palsi, gangguan intelektual, sklrosis amyotropic lateral, tumor pada saluran pernafasan dan saluran cerna atas, penyakit parkinson, rabies, keracunan merkuri. 

Menurutnya lagi, “Drooling yang tiba-tiba mungkin disebabkan oleh karena keracunan obat pestisida, merkuri, atau akibat minum beberapa jenis obat anti-nyeri.” 

Dr. Mulya menambahkan bahwa jika ada bayi atau anak dengan gangguan keterlambatan perkembangan tiba-tiba mengalami drooling, dapat merupakan tanda bahaya, mungkin tersedak minuman, makanan atau benda asing yang masuk ke paru-paru. 

Pada anak normal yang memiliki refleks mekanisme muntah dan batuk yang normal, maka drooling tidak membahayakan. Kepedasan dapat menyebabkan drooling yang normal. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2eqfgr6; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Membedakan Bayi Mengiler Normal dan Tidak
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Membedakan Bayi Mengiler Normal dan Tidak"

Post a Comment

Powered by Blogger.