Search This Blog

5 Tanda Jantung Anda Tidak Bekerja Maksimal

Metrotvnews.com, Jakarta: Masalah kesehatan jantung seperti merupakan masalah yang cukup rumit untuk dipelajari. Penyakit jantung sering disebut dengan "silent killer" karena memang penyakit ini bisa datang secara tiba-tiba hingga merenggut nyawa seseorang dengan cepat.

"Terutama pada wanita, tanda atau gejala masalah jantung tidak selalu mengikuti pola yang umum terjadi," kata Kerry Hildreth, asisten profesor kesehatan jantung University of Colorado school of Medicine.

Sangat penting untuk mengetahui kadar tekanan darah dan kolesterol Anda untuk mencegah serangan jantung. Selain itu, waspadai tanda berikut ini yang berpotensi menyebabkan serangan jantung.

1. Nyeri di dada
Tidak semua orang yang mengalami nyeri dada memiliki serangan jantung. Tekanan yang intens, seperti beban berat yang menekan dada Anda, bisa jadi salah satu tanda nyeri akibat penyakit jantung. Apabila Anda merasakan seperti otot yang menarik di dada Anda, bisa jadi pertanda penyakit kardiovaskular.

Memang, tanda nyeri ini tidak selalu terasa tajam, bisa juga rasa sakit yang halus dan terkadang terasa hingga ke bahu, lengan, leher atau rahang. Nyeri dada yang muncul selama atau setelah olahraga dan juga stres, bisa jadi pertanda masalah pada aliran darah.

2. Sesak napas
Jika aktivitas yang ringan saja sudah membuat Anda sesak napas, terlebih sesak yang terjadi lebih parah dari sebelumnya, bisa jadi ini pertanda penyakit jantung. Masalah pernapasan saat Anda berbaring juga bisa bermasalah. Sebaiknya, segera kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

3. Menyerupai gejala flu
Merasa mual, lelah dan mengalami keringat dingin bisa jadi pertanda aliran darah yang tidak cukup. Hampir semua orang mengalami gejala ini, tapi jika gejala tersebut mulai setelah melakukan aktivitas fisik, hubungi dokter Anda.

Penelitian menunjukkan, beberapa wanita memiliki gangguan pencernaan beberapa hari sebelum terkena serangan jantung. Banyak yang tidak menyadari gejala ini sehingga mereka tidak segera ke dokter dan mendapatkan perawatan.

4. Pusing
Sering merasa pusing bisa jadi pertanda adanya penyumbatan atau masalah yang terkait katup, terutama jika jantung Anda berdebar-debar (palpitasi). Menurut penelitian terbaru dari University of North Carolina, merasa pusing setiap kali Anda berdiri dengan cepat, dapat meenjadi pertanda akan terjadinya gangguan jantung.

5. Kelelahan dan sulit tidur
Banyak wanita penderita serangan jantung merasakan lelah yang aneh selama beberapa minggu menjelang serangan. Mereka juga merasakan kesulitan tidur sebelum akhirnya terserang penyakit jantung.

<iframe class="embedv" width="600" height="400" src="http://ift.tt/2e2AcPC; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
5 Tanda Jantung Anda Tidak Bekerja Maksimal
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Tanda Jantung Anda Tidak Bekerja Maksimal"

Post a Comment

Powered by Blogger.