Search This Blog

Ebola dan MERS-CoV Diwaspadai Masuk Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyaknya virus yang tersebar kini membuat membuat negara harus melakukan proteksi ekstra untuk mencegah masuknya virus ke dalam daerah tersebut.

Di Indonesia, virus apakah yang sedang diwaspadai?

"Penyakit yang sudah dikhawatirkan di tingkat dunia namun belum masuk ke Indonesia saat ini atau new emergency adalah Ebola dan MERS-CoV," ujar dr. Siswanto, MHP, DTM, sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan saat ditemui dalam acara Seminar on Health di Kementerian Kesehatan, Rabu (19/10/2016).

(Baca juga: Negara Mana Saja yang Sudah Terserang Virus Zika?)

Ebola  penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus Ebola dan menyebar melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh penderita seperti urine, tinja, air liur, serta air mani. Sementara, MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus) adalah yang menyerang organ pernafasan akut yang berasal dari Afrika dan Arab. Kedua penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Siswanto menjelaskan, kedua penyakit tersebut cukup berpotensi masuk ke Indonesia, mengingat adanya warga negara yang berpergian ke darah tersebut, untuk urusan Haji/Umroh atau urusan lain. Namun, beberapa bentuk pengawasan sebagai upaya pencegahan atau deteksi ini telah dipasang di beberapa titik penting, seperti di bandara atau pelabuhan.

Salah satunya adalah dengan pemasangan thermal scanner yang dinilai cukup efektif untuk mendeteksi suhu badan para pengunjung bandara, baik penerbangan internasional maupun domestik.

"Kami cukup waspada pada para pengunjung yang datang dari daerah timur tengah. Jika mereka menunjukkan kondisi tak sehat, langsung diperiksa lebih lanjut," tambahnya. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2ejYKEo; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Ebola dan MERS-CoV Diwaspadai Masuk Indonesia
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ebola dan MERS-CoV Diwaspadai Masuk Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.