Search This Blog

Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Metrotvnews.com, Jakarta: Hampir seluruh manusia mengalami sakit kepala. Sakit kepala bisa sangat mengganggu aktivitas sebagian besar orang.

Sakit kepala biasanya terjadi akibat stres, tekanan, kurang istirahat, masalah sinus, migren, kurang tidur dan dehidrasi. Pengobatan medis seperti minum obat pereda nyeri atau sakit kepala bisa menghilangkan sakit kepala seketika. Tetapi, beberapa cara alternatif juga terbukti dapat mengatasi sakit kepala.

Perawatan rumah alami dapat memberikan Anda penghilang rasa sakit yang cepat. Berikut adalah solusi-solusi alami yang akan membantu Anda menyingkirkan sakit kepala.

1. Air putih
Seringkali sakit kepala disebabkan oleh dehidrasi. Jenis sakit kepala ini bisa diobati dengan cara yang mudah yaitu memberikan tubuh Anda cairan. Anda bisa meminum segelas air putih ketika mulai mengalami gejala sakit kepala. Saat ini, hindari minuman seperti alkohol dan kopi yang diketahui dapat mwmbuat tubuh mengalami dehidrasi.

2. Kompres air hangat atau dingin
Jika Anda mengalami sakit kepala karena masalah sinus, maka kompres air dingin adalah solusi terbaik. Letakkan kompresan air dingin di dahi selama beberapa menit, ini akan membuat daerah sekitar mati rasa sehingga menghentikan rasa sakit.

Mengompres dengan air hangat akan membantu mengendurkan otot-otot yan tegang, sehingga jika Anda merasa sakit kepala karena stres, Anda dapat menerapkan kantong air hangat di bagian belakang leher atau berendam dengan air panas selama 10-15 menit.

Jika Anda menderita sakit kepala kronis, biasakan untuk merendam kaki dalam ember berisi air panas selama 10 menit sebelum tidur. Ini dapat meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan sumbatan di bagian hidung yang sanat berguna untuk redakan sakit kepala akibat sinus.

3. Niacin atau vitamin B3
Niacin efektif untuk mengobati sakit kepala dan migren. Sebuat studi menemukan bahwa niasin memfasilitasi aliran darah ke kepala dengan memperluas arteri yang tersumbat. Niacin dapat ditemukan pada ayam, tuna, salmon, jamur criminy, gandum, biji bungan matahari, hati dan sayuran hijau. Tetapi, batasi asupan niacin karena dapat menyebabkan maag dan masalah hati.

4. Kacang almond
Almond bertindak sebagai pereda nyeri karena mengandung salicin. Salicin adalah penghilang rasa sakit melebihi obat pereda nyeri. Almond efektif untuk mengobati rasa sakit kepala dan digunakan untuk mencegah sakit kepala muncul lagi.

5. Jahe
Sistesis prostaglandin adalah proses yang terjadi pada manusia. Ini melibatkan penciptaan senyawa lemak dalam sel, zat lemak ini seperti utusan kimia. Mereka memicu proses biologis seperti peradangan dan memperingatkan neuron untuk rasa sakit. Beberapa obat-obatan seperti aspirin menghambat sintesis prostaglandin.

Jahe adalah zat alami yang juga menghambat sistesis. Jahe dapat bekerja untuk mencegah proses peringatan neuron akan munculnya rasa sakit. Ini dapat membuat tubuh berhenti mengenali dan merespon ketika sakit kepala terjadi.

6. Pepermin
Pepermin dapat menenangkan yang membantu mengobati sakit kepala. Anda bisa mengonsumsi teh pepermin atau menggunakan minyaknya untuk memijat bagian pelipis dengan lembut, rahang dan bagian belakang leher. Selain itu, Anda bisa menghirup uap pepermin yang sangat bermanfaat membantu mengatasi gejala yang sering menyertai sakit kepala seperti mual dan muntah.

7. Beri tekanan
Ketika Anda merasakan sakit, beri tekanan sedikit pada sistem craniosacral Anda. Tekan dengan jari-jari Anda pada titik-titik spesifik migren tertentu. Ini dapat membantu otak Anda untuk beristirahat dan bersantai dengan meningkatkan tekanan dalam tegangan tengkorak yang terbentuk di otak Anda untuk dikirim ke tempat lain.

8. Tidur tanpa cahaya
Cahaya dapat membuat sakit kepala lebih menyakitkan. Migren dan sakit kepala paling sering disebabkan oleh rangsangan sensorik. Mematikan lampu atau meredupkan cahaya dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit.

9. Akupunktur
Menurut pengobatan Cina, memasukkan jarum tipis ke bawah kulit dapat memutar kembali aliran energi dalam tubuh. Ini dapat mencegah migren akut dan membantu mengobati orang-orang yang mengalami tegang dan sakit kepala kronis.

10. Pijat
Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang menjalani enam sesi pijat mingguan, lebih mungkin jarang mengalami migren dan tidur lebih nyenyak. Cobalah cara memijat sendiri dengan menggosok pelipis, atau bagian leher, punggung, kepala atau bahu untuk mengobati sakit kepala dan migren.

11. Peregangan
Peregangan dapat membantu meredakan ketegangan otot yang menjadi pemicu terbesar rasa sakit. Anda bisa mencoba beberapa cara peregangan seperti menggerakkan leher dengan dagu ke depan, ke atas atau ke bawah. Kemudian, mengangkat bahu naik dan turun. Lakukan ini dua kali sehari selama 20 menit setiap sesi.

 
Baca Berita Asal
Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat"

Post a Comment

Powered by Blogger.