Search This Blog

Pertolongan Pertama Setelah Si Kecil Tersengat Lebah

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika si kecil tersengat lebah, tentu saja Anda juga kaget. Lalu pertolongan apa yang bisa Anda lakukan jika kejadian ini terjadi pada si kecil?

Dilansir dari Babycenter, ketika lebah menyengat secara otomatis ini bekerja seperti pompa-semakin lama berada di situ, maka semakin banyak racun dikeluarkan-jadi keluarkan secepatnya selagi Anda bisa.

Langkah yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Coba secara perlahan Anda perhatikan titik hitam kecil yang berada di tengah luka tersebut, lalu angkat dengan alat bantu pencapit atau menggunakan kartu (sesuatu yang pipih) untuk menggesek dari samping.

(Baca juga: Trik Widi Mulia dalam Merawat Kotak P3K)

2. Tidak memencet penyegatnya dengan jari Anda atau alat lainnya, karena ini bisa membuat penyengat tersebut tambah mengeluarkan bisa atau racunnya.

3. Setelah Anda dapat mengeluarkan titik hitam penyengat tersebut, bersihkan luka dengan sabun dan basuh dengan air mengalir selama 15 menit.

4. Anda bisa menggunakan es yang dibalut dalam kain atau plastik, pastikan tidak terkena langsung dengan kulit si kecil.

5. Cara lain setelah membersihkan luka juga bisa dengan mengaplikasikan area tersengat tadi dengan pasta dari baking soda, biarkan kering lalu cuci bersih.

6. Luka akan hilang setelah beberapa jam, walaupun akan sedikit membengkak (yang bisa berlangsung 1-2 hari), dan obati terus dengan pemberian es di dalam kain atau plastik.

7. Jika Anda masih kurang yakin dengan penanganan yang Anda lakukan di rumah, bawa segera ke dokter untuk diperiksa. Dan dokter anak biasanya akan memberikan infant acetaminophen atau antihistamine untuk membantu mengurangi bengkak dan gatal-gatalnya.





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2hroAeG; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Pertolongan Pertama Setelah Si Kecil Tersengat Lebah
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertolongan Pertama Setelah Si Kecil Tersengat Lebah"

Post a Comment

Powered by Blogger.