Search This Blog

Bagini Otak Bayi Berkembang di Dalam Rahim

Metrotvnews.com, Jakarta: Otak manusia mulai tumbuh dan berkembang sejak dalam kandungan. Sebuah penemuan terbaru memberikan pengetahuan tentang perkembangan saraf yang luar biasa dalam beberapa bulan pertama kehidupan seorang manusia, serta bagaimana otak dapat berkembang hingga besar.

Para ilmuwan mengetahui pasti bagaimana otak tumbuh dalam rahim. Sebuah zona progenitor menciptakan sel-sel baru disebut neuron. Ini dipandu oleh sinyal-sinyal molekul ke berbagai daerah yang khusus. Para peneliti telah berpikir bahwa diferensiasi di otak sebagian besar telah selesai sebelum kelahiran.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science pada Oktober lalu oleh Mercedes Paredes dari University of California mengubah pandangan tersebut. Faktanya, neuron baru menyebar di seluruh lobus frontal setelah kelahiran. Lobus frontal ini membawa atau melaksanakan sebagian besar fungsi-fungsi tubuh manusia seperti bicara, perencanaan dan mengatur emosi.

(Baca: Cara Kerja Musik dan Tari dalam Perkembangan Otak Anak)

Neuron terbentuk di zona progenitor harus pindah ke otak yang merupakan tempat dimana mereka dibutuhkan untuk membentuk koneksi.

Hal ini terjadi dengan bantuan dari protein pada dinding luar sel. Protein memungkinkan neuron untk mengenali permukaan dan sel-sel yang dibutuhkan dan dimana mereka harus berhentu menghubungkan. Formasi tersebut adalah kunci untuk perkembangan otak seorang manusia.

Mengapa sel-sel baru dibutuhkan otak? Peneliti mengidentifikasi adanya gamma-aminobutyric acid (GABA) yang menunjukkan salah satu peran migrasi sel ini.

Di otak, GABA berfungsi secara kimiawi untuk menghambat sel dari aktivitas atau bertindak seperti keluar batas atau berhenti bekerja.


Video: Jangan Langsung Beri Antibiotik Ketika Anak Sakit


<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2dNQQHr; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Bagini Otak Bayi Berkembang di Dalam Rahim
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bagini Otak Bayi Berkembang di Dalam Rahim"

Post a Comment

Powered by Blogger.