Search This Blog

6 Hal yang Harus Diketahui tentang Gigi di Usia Tua

Metrotvnews.com, Jakarta: Semakin bertambah tua usia seseorang, pemeliharaan kesehatan gigi cenderung berkurang. Anda mungkin sudah merasa cukup melakukan perawatan gigi dengan melakukan sikat gigi setiap hari dan periksa ke dokter gigi sesekali.

Namun, langkah-langkah sederhana tersebut seakan tidak cukup seiring dengan usia Anda yang semakin tua. Gigi berlubang, penyakit gusi hingga kanker mulut, lebih umum terjadi saat Anda beranjak tua.

Menurut Judith Jones, Profesor Kedokteran Gigi di Boston Universty, orang-orang akan berpikir gigi berlubang hanya terjadi pada anak-anak. Namun, orang dewasa yang lebih tua memiliki banyak kerusakan pada giginya dibanding anak-anak.

Kebersihan mulut yang baik masih sering diabaikan sebagai komponen penting dari kesehatan seluruh tubuh Anda. Dan berikut ini beberapa hal tentang gigi saat Anda beranjak tua yang harus diketahui.



1. Memiliki kaitan dengan penyakit jantung
Dokter telah lama mengetahui bahwa ada hubungan antara penyakit periodontal (gusi) dengan penyakit jantung. Tetapi, beberapa penelitian terbaru menunjukkan penyakit gusi sebenarnya dapat memicu masalah jantung. Penyakit gusi menyebabkan peradangan, yang dapat membuat penumpukan plak dalam arteri Anda. Ini berisiko tinggi untuk penyakit stroke, alzheimer, dan beberapa bentuk radang sendi yang meningkat.

(Baca juga: Perlukah Cabut Gigi sebelum Dipasangi Kawat?)




2. Mulut kering
Air liur merupakan bagian penting dari re-mineralisasi, yang merupakan proses untuk membuat gigi kuat dan sehat. Tapi, banyak resep obat umum yang dapat membuat mulut kering sehingga dapat merusak gigi dan masalah kesehatan mulut lain. Lebih buruknya, kelenjar air liur tidak bekerja dengan baik seiring bertambahnya usia. Minum banyak air dapat membantu mencegah mulut kering.




3. Pakai sikat gigi terbaik
Penyakit tulang seperti osteoporosis, radang sendi dan otot lainnya atau gerakan, berkaitan dengan masalah kesehatan dari kesalahan menyikat gigi. Sikat gigi elektrik menurut Jones dapat membantu.




4. Gunakan pasta gigi fluoride
Menyikat jauh lebih penting dibanding menggunakan obat kumur apapun. Obat kumur tidak dapat bekerja sebaik pasta gigi yang memiliki fluoride. Pasta gigi dapat membantu melindungi gigi sehingga tetap kuat. 




5. Perhatikan diet Anda
Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi penting yang mungkin tidak cukup dikonsumsi oleh orang yang semakin tua. Kekurangan keduanya dapat memicu osteoporosis, yang pada akhirnya dapat membuat Anda kehilangan gigi. Batasi juga asupan gula karena gula dapat membuat gigi busuk.




6. Periksa ke dokter

Memeriksakan gigi ke dokter idealnya dilakukan setiap enam bulan sekali. Masalah kesehatan mulut yang berpotensi serius di awal biasanya terjadi dalam kurun waktu tersebut. Bahkan, jika Anda menggunakan gigi palsu, kontrol ke dokter tetap dilakukan untuk memastikan apakah gigi palsu cocok atau tidak. Ini dapat menyelamatkan Anda dari penyakit gusi.





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2ijFpWg; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
6 Hal yang Harus Diketahui tentang Gigi di Usia Tua
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Hal yang Harus Diketahui tentang Gigi di Usia Tua"

Post a Comment

Powered by Blogger.