Search This Blog

Aneka Manfaat Cuka Sari Apel Selain Mencegah Kegemukan

Metrotvnews.com, Jakarta: Cuka sari apel diklaim memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Cukup sedikit saja, cuka apel konon bisa mengobati aneka masalah kesehatan.

Ya, memang ada penelitian yang mendukung hal tersebut. Dikatakan, cuka apel memang obat yang mujarab selama Anda benar dalam menggunakannya. Berikut ulasannya seperti dilansir Time.

1. Menstabilkan gula darah

Salah satu manfaat cuka sari apel yang paling menonjol ialah mampu menstabilkan gula darah. Studi yang diterbitkan Diabetes Care menganalisis perempuan dan laki-laki yang menderita diabetes tipe 2. Peneliti menemukan, peserta yang mengonsumsi cuka sari apel sebelum tidur (ditambah makan keju) memiliki gula darah yang lebih rendah keesokan harinya dibandingkan mereka yang makan snack keju tanpa minum cuka sari apel.

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal yang sama membandingkan efek cuka sari apel pada orang dewasa sehat, orang dewasa dengan prediabetes, dan orang dewasa dengan diabetes tipe-2.

Para peserta memiliki tingkat glukosa yang lebih baik ketika mengonsumsi kurang dari satu ons cuka sari apel dengan makanan tinggi karbohidrat (bagel dan mentega), dibanding ketika mereka makan makanan yang sama dan lebih memilih minum plasebo.

Meskipun orang dengan prediabetes justru meningkat kadar glukosa darahnya, di sisi lain, peserta diabetes berhasil menurunkan konsentrasi glukosa dalam darah sebanyak 25 persen.

2. Mencegah kegemukan

Beberapa penelitian juga meyakini cuka sari apel dapat menurunkan berat badan. Pasalnya, cuka sari apel memiliki kandungan asam asetat, zat yang mampu memecah lemak sehingga mencegah penambahan berat badan.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus memperlihatkan bahwa tikus yang minum cuka sari apel memiliki banyak bakteri baik dalam usus mereka, seperti lactobacillus dan bifidobacteria. Mengonsumsi cuka sari apel juga mampu mengurangi gejala penyakit gastrointestinal.

Sebelum minum cuka sari apel, ada beberapa hal yang perlu diingat yaitu jangan minum secara langsung karena dapat merusak enamel pada gigi dan kerongkongan. Mengonsumsi cuka sari apel dalam dosis tinggi juga berakibat menurunnya kadar kalium dalam tubuh.

Jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari minuman ini, campurkan dua sendok cuka sari apel dan madu ke dalam air hangat.
 
Baca Berita Asal
Aneka Manfaat Cuka Sari Apel Selain Mencegah Kegemukan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aneka Manfaat Cuka Sari Apel Selain Mencegah Kegemukan"

Post a Comment

Powered by Blogger.