Search This Blog

Berapa Lama Screen Time yang Dianjurkan?

Metrotvnews.com, Jakarta: Paparan sinar dari layar elektronik seperti TV, ponsel atau alat-alat elektronik lainnya saat ini semakin sulit untuk dihindari. Jika demikian, setidaknya perlu pembatasan dalam hal waktu pemakaian atau biasa dikenal screen time, terutama untuk anak-anak.

Menurut psikolog Carmelia Riyadhni dari Rumah Dandelion, perbandingan waktu antara screen time dengan waktu beraktivitas normal ada 1 banding 5. Misalnya, ketika anak memiliki waktu screen time 30 menit, maka ia disarankan melakukan kegiatan yang tidak melibatkan layar biru selama 2,5 jam atau lima kali lipat dari waktu screen time.

"Supaya menggeneralkan cara berpikir anak dan untuk kesehatan mata," katanya dalam temu media bersama HOOQ.

Selain itu, menyangkut kesehatan mata, jarak pandang dari layar ke mata juga perlu diperhatikan.

"Setahu saya, jarak yang dianjurkan adalah tiga kali diagonal layar gadget," tukasnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah konten yang ditonton anak. Carmel mengungkapkan, orang tua harus jeli memantau konten apa yang ditonton oleh buah hati. Ia menyarankan orang tua ikut berperan aktif dalam hal ini, termasuk melihat terlebih dahulu apakah konten tersebut memang layak untuk ditonton anak.

"Tidak semua kartun diperuntukkan untuk anak-anak. Jadi orang tua harus selangkah di depan dengan meninjau apa yang akan diberikan pada anak," tutupnya.

 
Baca Berita Asal
Berapa Lama Screen Time yang Dianjurkan?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berapa Lama Screen Time yang Dianjurkan?"

Post a Comment

Powered by Blogger.