Search This Blog

Kenali Jam Biologis Saat Anda Tidur

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagaimana sebenarnya pola tidur dan pada waktu kapan saja hormon yang membantu Anda tidur itu muncul?

Pola tidur dikelola oleh jam biologis yang hadir di dalam otak. Sebab, tubuh dengan sendirinya akan memproduksi hormon melatonin saat malam dan mampu berhenti saat indera menyadari adanya cahaya matahari. Hormon ini membantu Anda tertidur secara alami. 

(Baca juga: Hindari Enam Hal Ini Sebelum Tidur)


Departemen Neurologi, Amrita Institute of Medical Sciences, Kochi, Dr. Suresh Kumar menguraikan, "Melatonin penting untuk mempertahankan siklus tidur-bangun. Namun, jika Anda bekerja dengan jam yang aneh dan tidak tidur tepat waktu, itu membingungkan siklus tidur-bangun, mengarah ke tidur yang terganggu." terang dia.

Selain itu,  Kepala Pulmonary Medicine di Nanavati Super Speciality Hospital, Dr. Salil Bendre menjelaskan, ada efek samping yang dialami oleh seseorang jika produksi melatonin terganggu.

"Tidur memastikan hormon normal. Tingkat melatonin mendapatkan berubah jika tidur terganggu. Hal ini menyebabkan depresi dan mudah tersinggung. Tidur yang terganggu dan tidak cukup juga bisa menyebabkan beberapa hormon terganggu dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan," kata Bandre.

Tidur dipercaya untuk mengatur hormon-hormon yang menentukan perasaan. Jadi, jika kita kehilangan tidur, tubuh mungkin berhenti mengirim sinyal-sinyal penting ke otak.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2d1ywVO; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Kenali Jam Biologis Saat Anda Tidur
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenali Jam Biologis Saat Anda Tidur"

Post a Comment

Powered by Blogger.