Search This Blog

Efek Negatif Menurunkan Berat Badan Melalui Operasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak cara dilakukan oleh orang agar bisa memiliki berat tubuh ideal. Bahkan, berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan, dari diet, olah raga hingga operasi.

Namun, studi baru menyebutkan, cara terakhir di atas berhubungan dengan beberapa masalah kesehatan jangka panjang, diantaranya pencernaan dan intoleransi makanan.

Dalam studi tersebut, peneliti melihat data 249 orang yang menurunkan berat badan dengan operasi laparoscopic Roux-en-Y gastric bypass, yaitu mengurangi kantung lambung hingga kira-kira seukuran telur. Dua tahun setelah operasi, pasien tersebut telah kehilangan sekitar 31 persen rata-rata total berat badan.

Jika dibandingkan dengan kelompok 295 obesitas yang tidak melalui operasi, pasien laparoscopic Roux-en-Y gastric bypass mengalami gangguan pencernaan dan ketidakmampuan untuk mentolerir beberapa makanan.

(Baca juga: Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat)

"Sudah dikenal dari studi sebelumnya bypass lambung Roux-en-Y yang mungkin memperburuk gejala gastrointestinal setelah operasi," kata pemimpin penulis studi Dr Thomas Boerlage dari MC Slotervaart di Amsterdam. "Namun, sebagian besar studi ini berkaitan di tahun pertama setelah operasi," lanjut Boerlage.

Pada awal studi di 2012, sekitar 45 persen pasien yang rata-rata berumur 46 tahun mengalami tekanan darah tinggi. Sedangkan 29 persen menderita diabetes. 

Masalah pencernaan yang paling umum dirasakan yaitu gangguan pencernaan, perut yang bergelegak  (seperti bunyi keroncongan saat lapar), kembung, bersendawa, dan lain sebagainya. Sedangkan penderita obesitas yang menurunkan berat badan dengan cara normal cenderung hanya mengalami nyeri saat lapar.

Selain itu, sekitar 71 persen orang yang menurunkan berat badan melalui laparoscopic Roux-en-Y gastric bypass mengalami intoleransi makanan. Bahkan, setengah dari mereka memiliki keengganan untuk setidaknya empat jenis makanan yang berbeda dan 14 persen mengatakan intoleransi sangat mengganggu.

Makanan yang diintoleransi oleh orang yang menurunkan berat badan melalui operasi yaitu fried foods, minuman berkarbonasi, cakes, pies dan pastries. Beberapa laporan juga bermasalah dengan es krim dan makanan pedas.





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2g9cwh0; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Efek Negatif Menurunkan Berat Badan Melalui Operasi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Efek Negatif Menurunkan Berat Badan Melalui Operasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.