Search This Blog

4 Cara Cegah Penyakit PCOS

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjalani gaya hidup sehat memang penting untuk kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengintai.

Ini berlaku bagi siapa saja yang memang peduli akan kesehatannya. Nah, bagi Anda yang yang terserang Polycystic Ovary Syndrom (PCOS) ada beberapa makanan  yang dapat membantu untuk mengurangi gejalanya, meningkatkan energi dan menjaga berat badan. 
Beberapa cara yang dilansir dari Times of India, Kamis (29/12/2016) ini juga berlaku bagi yang ingin mencegah penyakit ovarium tersebut.

1. Jauhi Makanan Olahan dan Makanan Manis (Refined Food)
Seseorang dengan PCOS disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori dan bebas pengawet. Konsumsilah makanan yang alami (tidak mengandung pengawet) agar hormon seimbang. Sebaiknya ganti makanan yang mengandung tepung putih, pasta dan roti dengan biji-bijian bebas gluten seperti gandum, beras merah, millet dan quinoa.

(Baca juga: Waspadai 6 Penyakit Ini yang Muncul Tanpa Gejala)

2. Hindari Gula
Perempuan yang mengidap PCOS memiliki kadar insulin tinggi. Sehingga, bila ia makan terlalu banyak gula, akan memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuhnya. Selain itu, makanan manis juga menyulitkan seseorang untuk menurunkan berat badan. Konsumsilah makanan rendah gula dan kurangi karbohidrat untuk membantu menurunkan berat badan dan mengurangi resiko diabetes. Hindari jus manis, kue, cookies, soda dan lainnya. Bila ingin menyantap makanan manis, pilihlah yang memiliki pemanis alami, seperti buah-buahan, madu atau gula merah.

3. Tinggalkan Alkohol
Mengonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko sebanyak 50 persen terjangkit PCOS, selain itu juga menambah tingkat ketidakseimbangan hormon estrogen. Alkohol akan mengkonversi gula dalam tubuh kita, sehingga jika terlalu sering mengonsumsinya akan meingkatkan kadar gula darah. Mulai sekarang sebaiknya batasi diri Anda mengonsumsi alkohol.

4. Kurangi Garam
Pada satu sendok teh garam mengandung lebih dari kebutuhan sodium dalam sehari. Di samping itu, natrium yang tinggi akan menyebabkan retensi air di dalam tubuh kita. Penderita PCOS yang memiliki kadar retensi air dan garam berlebih, justru akan menambah parah penyakitnya.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2ivBdlY; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
4 Cara Cegah Penyakit PCOS
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Cara Cegah Penyakit PCOS"

Post a Comment

Powered by Blogger.