Search This Blog

Tak Menjaga Kebersihan Gigi Bisa Picu Kelahiran Prematur

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada berbagai hal yang bisa memicu kelahiran prematur. Selain usia bumil dan ketidakmampuan serviks, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai selama kehamilan. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kelahiran prematur. 




1. Berhubungan seks saat hamil tua
Sebuah studi dari Medical Association Journal menunjukkan bahwa aktivitas seksual yang dilakukan pada akhir masa kehamilan dapat memicu kelahiran prematur. Komplikasi yang berpotensi terjadi adalah penyakit radang panggul dan perdarahan antepartum di plasenta.




2. Merangsang puting

Menurut sebuah penelitian dalam Reproductive Medicine, puting yang terangsang dapat membuat tubuh mengeluarkan oksitosin yang nantinya dapat menimbulkan kontraksi. 

(Baca juga: 8 Risiko Mengintai Bayi yang Lahir Prematur)




3. Aktivitas fisik barat
Olahraga regular dapat mengurangi beberapa risiko saat kehamilan, seperti diabetes gestational. "Namun, melakukannya secara berlebihan juga dapat membahayakan karena menekan daerah perut sehingga bisa menyebabkan kelahiran prematur," ujar ginekolog Arundhati Dhar, seperti dilansir The Health Site.



4. Pijat kaki
Beberapa orang melarang memijat kaki saat tengah hamil karena hal tersebut dapat menyebabkan kontraksi pada perut. Menurut studi yang diterbitkan dalan Practising Midwife, akupresur pada beberapa bagian seperti kaki dan pergelangan kaki dan penekanan pada bagian tertentu di kaki yang berhubungan dengan sistem reproduksi dapat menyebabkan kelahiran prematur. 




5. Tak menjaga kebersihan mulut
"Beberapa studi mengungkapkan bahwa tubuh mengeluarkan hormon yang dapat menyebabkan infeksi mulut yang mirip dengan hormon yang keluar saat persalinan," ujar dokter gigi estetika, Dr. Shantanu Jaradi do Dentzz Dental Care, Mumbai. 

Jadi, berbagai infeksi mulut seperti gigi berlubang, radang, gusi berdarah atau sariawan, dapat menyebabkan persalinan prematur.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2cEO81C; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Tak Menjaga Kebersihan Gigi Bisa Picu Kelahiran Prematur
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Menjaga Kebersihan Gigi Bisa Picu Kelahiran Prematur"

Post a Comment

Powered by Blogger.