Search This Blog

Miskonsepsi Citra Tubuh Dapat Mengarah pada Kebiasaan Minum Alkohol

Metrotvnews.com, Jakarta: Persepsi tubuh yang diterima dapat memengaruhi pola pikir para remaja. Hal tersebut terbukti dari sebuah penelitian yang melihat bahwa para remaja perempuan yang mencemaskan tentang citra diri mereka dan mencoba menurunkan, mengatur, atau menaikkan berat badan untuk mencapainya tanpa bantuan obat cenderung mengonsumsi setidaknya satu gelas alkohol sehingga menjerumuskan mereka menjadi peminum.

(Baca juga: Menghilangkan Kebiasaan Minum Alkohol)

"Penggambaran diri atau self-image yang negatif dapat mengarah pada kebiasaan buruk. Miskonsepsi perilaku dan citra diri terjadi ketika tindakan yang mereka ambil berdasarkan pada status berat badan dan citra tubuh yang dirasakan," ujar pemimpin studi Margie Skeer dari Tufts University School of Medicine. 

Penelitian tersebut menemukan adanya hubungan signifikan antara miskonsepsi tersebut dan laporan tentang konsumsi alkohol dalam laporan episodik peminum berat pada remaja sekolah menengah ke atas. 

Perhatian pada perilaku di populasi tersebut dapat mengidentifikasi beberapa faktor pendukung dari hubungan antara miskonsepsi dan minum alkohol yang dapat menimbulkan risiko perilaku buruk lainnya, di luar lingkungan sekolah. 

Mereka menganalisa data dari 6.576 pelajar perempuan berusia 14-18 tahun dan menemukan bahwa 37,5 persen dari mereka memiliki miskonsepsi perilaku citra diri (BIBM); 67,7 persen setidaknya pernah sekali minum alkohol; dan 17,8 persen pernah menjadi peminum berada dalam 30 hari terakhir. 

Mereka yang mengalami BIBM juga mengonsumsi 1,21 kali lebih banyak alkohol dibandingkan mereka yang tidak mengalami miskonsepsi. 

Dari segi peminum alkohol episodik, para peneliti menemukan bahwa gadis dengan BIBM memiliki kebiasaan mengonsumsi lebih banyak  lima botol atau lebih dalam periode waktu yang singkat dibandingkan mereka yang tidak mengalami hal tersebut. 

Faktor tambahan lain yang meningkatkan kebiasaan minum alkohol berat adalah berada pada kelas 12 dimana laporan menunjukkan adanya gejala depresif dan konsumsi rokok dalam 30 hari terakhir. 




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2cYYZJf; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Miskonsepsi Citra Tubuh Dapat Mengarah pada Kebiasaan Minum Alkohol
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Miskonsepsi Citra Tubuh Dapat Mengarah pada Kebiasaan Minum Alkohol"

Post a Comment

Powered by Blogger.