Search This Blog

4 Tanda Kanker Payudara Selain Timbul Benjolan

Metrotvnews.com, Jakarta: Benjolan di payudara menjadi momok menakutkan bagi kaum wanita. Gejala ini merupakan indikasi kanker payudara yang paling umum.

Upaya SADARI atau periksa payudara sendiri adalah kampanye yang menyerukan kepada para wanita agar rutin memeriksa payudara sebagai deteksi dini pencegahan penyakit mematikan itu.

Namun, benjolan bukanlah satu-satunya gejala dari kanker payudara. Penelitian awal yang dilakukan National Cancer Research Institute menunjukkan bahwa satu dari enam wanita yang didiagnosis kanker payudara melaporkan gejala selain benjolan.

Karena banyaknya ketidaksadaran dengan gejala yang kurang umum, maka jumlah penderita kanker payudara pun semakin meningkat. Sangat penting bagi seorang wanita mengetahui payudaranya sendiri sehingga jika ada kondisi yang abnormal, mereka dapat segera memeriksakan diri ke dokter.

Berikut adalah beberapa gejala yang harus diwaspadai wanita untuk mencegah penyebaran kanker payudara.

1. Kulit bersisik

Sebuah bercak atau kulit yang kasar dan terasa bersisik atau lebih tebal dari biasanya di sekitar payudara, bisa menjadi tanda kanker payudara. Pada beberapa jenis kanker payudara, saluran yang masuk dari dalam payudara pada kulit menjadi tersumbat, sehingga perubahan kulit yang membuat payudara terlihat kasar seperti kulit jeruk.

2. Pembengkakan

Terkadang, benjolan dapat mengintai di bawah permukaan payudara, bahkan wanita tidak bisa merasakannya. Ini kemungkinan bisa mengubah bentuk atau ukuran dari payudara. Selain itu, benjolan yang membengkak ini bisa mengakibatkan rasa sakit.

3. Perubahan puting

Beberapa kanker payudara dapat menyebabkan puting inversi atau retraksi, di mana puting bisa masuk ke dalam. Biasanya, ini terjadi karena massa yang tumbuh di dalam payudara dan perubahan bentuknya. Dalam penelitian terbaru, 7 persen wanita yang didiagnosis kanker payudara dilaporkan mengalami kelainan puting.

4. Puting keluar cairan

Kelainan puting yang lain yaitu adanya cairan yang keluar dari puting dan ini bukanlah ASI. Tetapi, cairan yang keluar dari puting lebih sering bukanlah pertanda kanker. Tapi, sangat penting untuk segera konsultasi dengan dokter. Jika cairan keluar tanpa Anda menyentuh atau meremas puting, dan terutama jika itu berdarah di satu payudara saja, bisa jadi tanda kanker payudara.

<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2heOGBt; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
4 Tanda Kanker Payudara Selain Timbul Benjolan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Tanda Kanker Payudara Selain Timbul Benjolan"

Post a Comment

Powered by Blogger.