Search This Blog

Studi: Makan Keju Setiap Hari Baik untuk Kesehatan Jantung

Metrotvnews.com, Jakarta: Keju, selain mengandung kalsium tinggi dan lemak, makanan ini juga memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan. Penelitian terbaru dari Journal of American Society of Hypertension menunjukkan, makan berbagai macam makanan Italia dengan keju dapat melindungi jantung Anda.

(Baca juga: 9 Manfaat Keju untuk Kesehatan Anda)

Dalam studi tersebut, orang-orang dengan tekanan darah tinggi yang makan satu ons keju Grana Padano, jenis keju semi tinggi lemak yang mirip dengan keju Parmigiano Reggiano, setiap hari selama dua bulan dapat meningkatkan tekanan darah sistolik 7-8 mm Hg dan tekanan darah diastolik dengan 5-7 mm Hg.

Sebagai perbandingan, mereka yang makan keju tiruan jenis ini melihat adanya perbaikan dalam angka tekanan darah mereka.

Keju Grana Padano mengandung dua senyawa yang disebut isoleusin proline-proline (IPP) dan valine proline-proline (VPP), yang dapat merelaksasi pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah Anda. 

Menurut Direktur Unit Hipertensi di RS Saliceto Guglielmo Italia, Giuseppe Crippa, senyawa yang ada dalam keju tersebut bertindak mirip dengan obat-obatan tekanan darah yang disebut ACE inhibitor seperti Lotensin dan Capoten.

Cara kerjanya yakni dengan menghentikan produksi tubuh dari angiotenson II yang merupakan sebuah hormon aktif yang menyempitkan pembuluh darah untuk meningkatkan tekanan darah. Temuan ini tentu merupakan kabar baik untuk kesehatan jantung Anda.

Namun, jangan langsung mengonsumsi keju tanpa batas. Semua keju mengandung kalori tinggi berupa lemak dan garam. Dr. Crippa merekomendasikan untuk mengonsumsi satu ons keju rana Padano, atau sekitar dua dadu untuk satu porsi kebutuhan susu Anda setiap hari.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2hxXnpe; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Studi: Makan Keju Setiap Hari Baik untuk Kesehatan Jantung
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Makan Keju Setiap Hari Baik untuk Kesehatan Jantung"

Post a Comment

Powered by Blogger.