Search This Blog

Daftar Makanan Penyebab Turunnya Kinerja Otak

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap individu tak ingin dirinya mengalami penurunan kinerja pada otaknya. Bila ini terjadi pada Anda, coba tengok lagi, mungkin ada yang salah terhadap asupan Anda. 

Dikutip dari Timesofindia.com, Jumat (30/12/2016) ada studi terbaru yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah besar, dapat mempengaruhi kesehatan otak.

Berikut ini daftar makanan yang bisa berpengaruh pada kecerdasan Anda:


1. Gula
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bila mengonsumsi banyak gula dari jumlah yang direkomendasikan, dapat mempengaruhi otak dan ingatan Anda. Akibatnya, kemampuan belajar Anda pun menurun. Kelebihan gula di dalam darah juga bisa menghambat sel-sel otak untuk bekerja, sehingga insulin tak mampu membantu mengolah pikiran dan emosi. Hal ini menyebabkan menurunnya aktivitas otak.



2. Daging merah dan mentega
Penemuan baru-baru ini menyebutkan bahwa perempuan yang mengonsumsi banyak lemak jenuh, cenderung memiliki fungsi otak dan ingatan yang lemah. Hal ini berbanding terbalik pada perempuan yang mengonsumsi lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun dan alpukat.  



3. Permen karet
Pada jurnal Quartely Journal of Experimental Psychology di Inggris menemukan bahwa peserta terganggu ingatannya ketika mereka sedang menghafal sesuatu sambil mengunyah permen karet. Para peneliti percaya bahwa mengunyah permen karet saat mengerjakan tugas, bisa mengacaukan konsentrasinya.



4. Diet rendah karbohidrat
Menghilangkan karbohidrat secara bertahap ketika menjalani diet bisa melemahkan kemampuan otak, energi dan suasana hati. Sebuah studi mengemukakan bahwa dari 19 perempuan dalam rentang usia 22 dan 55 yang melakukan diet rendah karbohidrat menunjukkan melemahnya keterampilan kognitif mereka.



5. Garam
Seperti diketahui, garam bisa mempengaruhi denyut jantung dan tekanan darah. Namun, ternyata garam juga berpengaruh pada fungsi kognitif seseorang. Garam tidak hanya mengurangi kemampuan untuk berpikir, tapi juga menyebabkan penyakit lain, misalnya jantung, kanker dan stroke. Maka, mulai saat ini Anda perlu mengonsumsi garam secukupnya.

(Baca juga: Bangun Tepat Waktu Bisa Mempertajam Kinerja Otak)


6. Makanan cepat saji
Mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food dalam jangka waktu panjang bisa melemahkan daya ingat seseorang, bahkan dalam beberapa kasus yang sudah parah, dapat menyebabkan penyakit alzheimer. Berhenti menyantap junk food akan menjauhkan diri dari gejala yang mirip dengan depresi dan mencegah memiliki rasa cemas berlebihan.



7. Gorengan
Banyak makanan sehat, namun tak menjadi sehat lagi ketika digoreng. Contohnya saha makan ikan akan lebih banyak manfaatnya, namun bila digoreng, jadi tidak sehat. Hal ini berlaku sama untuk beberapa makanan yang digoreng lainnya, seperti ayam. Makanan yang digoreng ini dapat melemahkan kemampuan otak seseorang.



8. Makanan yang dimasak dan makanan olahan
Makanan ini mengandung bahan kimia berbahaya, di antaranya pengawet, aditif, pewarna dan perasa buatan. Bila terlalu banyak mengonsumsinya, akan mempengaruhi perilaku dan fungsi kognitif. Bahkan bila memakannya dalam jumlah besar, dampak jangka panjangnya bisa menyebabkan otak menyusut



9. Nikotin 
Nikotin yang terdapat pada rokok ini menyebabkan kapiler antara pembuluh darah menyusut dan mempengaruhi fungsi neurotransmiter juga fungsi otak. Nikotin juga menyebabkan seseorang ketergantungan.



10. Alkohol
Jika terus menerus mengonsumsinya bisa menurunkan kemampuan Anda untuk berpikir jernih dan mengingat sesuatu. Bila sudah tak bisa membedakan antara mimpi dan kenyataan, artinya Anda adalah seorang pengkonsumsi alkohol berat dan harus menghentikannya.



11. Tahu
Fakta tersebut memang sedikit mengejutkan, selama ini tahu dianggap makanan sehat. Tapi dalam sebuah penelitian, mengonsumsi tahu dalam jumlah besar, bisa beresiko pada daya ingat Anda.



12. Popcorn microwave
Menonton film sambil menikmati satu cup popcorn memang menjadi favorit banyak orang.  Banyak merek popcorn microwave yang mengandung asam perfluorooctanoic (PFOA), yakni bahan yang sama ditemukan di dalam pot teflon dan panci. Beberapa penelitian menyebutkan zat tersebut ada hubungannya dengan infertilitas, berat badan dan gangguan belajar. Bahkan popcorn dengan rasa mentega selalu dicampur dengan diacetyl (DA), yakni bahan kimia yang bisa memecah lapisan sel yang melindungi otak.



13. Kekurangan Air (Dehidrasi)
Selain makanan, Anda juga harus memastikan bahwa tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan menurunnya kinerja otak, sehingga berpengaruh pada daya ingat, konsentrasi dan pengambilan keputusan. 




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2innq17; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Daftar Makanan Penyebab Turunnya Kinerja Otak
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daftar Makanan Penyebab Turunnya Kinerja Otak"

Post a Comment

Powered by Blogger.