Search This Blog

Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Garam

Metrotvnews.com, Jakarta: Garam merupakan asupan penting yang dibutuhkan tubuh. Meski demikian, perhatikan jumlah asupannya agar tak memberi dampak yang negatif bagi kesehatan.

Seperti diketahui, terlalu banyak asupan garam dapat meningkatkan tekanan darah. Gejala lain yang menjadi tanda Anda kelebihan asupan garam juga bisa dilihat dari ukuran jari yang tampak membesar.

Dr Merhran Movassaghi dari Providence Saint John's Health Center Santa Monica mengatakan, tubuh manusia sangat kompleks sehingga harus dijaga antara keseimbangan cairan dan elektrolit. Saat seseorang mengonsumsi banyak natrium, maka otak akan memberi sinyal kepada tubuh untuk menahan air sebanyak mungkin.

Berikut ini dampak lain yang mengganggu kesehatan ketika Anda kelebihan asupan garam.

1. Mulut kering

Setelah makan makanan yang mengandung garam tinggi, tubuh akan memberi sinyal bahwa kadar garam di dalam tubuh melebihi batas. Untuk mendapatkannya normal kembali, Anda perlu minum banyak air. Inilah yang membuat otak mengirimkan sinyal rasa haus berlebih.

2. Sakit kepala

Anda mungkin tidak berpikir bahwa makanan asin dan sakit kepala memiliki hubungan. Menurut sebuah penelitian, orang dewasa yang konsumsi 3500 mg sodium per hari lebih mungkin menderita sakit kepala dibanding mereka yang konsumsi 1500 mg per hari.

Ada kaitan yang kuat antara tekanan darah tinggi dan sakit kepala. Para peneliti tidak memahami betul alasan ini. Namun, jika Anda mulai merasakan sakit kepala, sebaiknya kurangi garam atau makanan asin.

3. Sering buang air

Minum banyak air bukanlah satu-satunya alasan Anda sering buang air kecil. Terlalu banyak makan garam dapat memiliki efek yang sama. Ketika makan terlalu tinggi natrium, ginjal harus bekerja ekstra untuk membersihkan garam berlebih dalam tubuh. Inilah yang membuat anda terus buang air kecil.

4. Kemampuan kognitif menurun

Terlalu banyak garam dapat memicu dehidrasi. Ketika dehidrasi, kemampuan Anda untuk konsentrasi atau berpikir jernih mulai menurun. Ketika wanita dehidrasi, mereka cenderung lebih lemah dalam tes kognitif mengukur konsentrasi, ingatan, nalar dan waktu reaksi. Dehidrasi juga membuat mood wanita menurun.

Saat mulai mengalami gejala di atas, sebaiknya Anda mulai mengurangi asupan garam yang terlalu tinggi serta perbanyak minum air putih. Ini memungkinkan tubuh untuk mendapatkan kadar garam yang normal atau seimbang. Setelah kembali normal, cobalah untuk tetap membatasi asupan garam. Pedoman diet di Amerika merekomendasikan makan kurang dari 2300 mg garam per hari. (Prevention)


Bagaimana Pola Makan yang Sehat

<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2dvoBvV; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Garam
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Garam"

Post a Comment

Powered by Blogger.