Search This Blog

Bagaimana Mengatasi Depresi Pasca Melahirkan?

Metrotvnews.com, Jakarta: Rasa cemas setelah melahirkan atau tiba-tiba merasa sedih pasca melahirkan memang cukup membingungan dan membuat Anda tidak nyaman. Lalu bagaimana caranya untuk menanggulangi depresi setelah melahirkan ini?

Dilansir dari Babycenter, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

Penuhi kebutuhan dasar Anda
Pastikan semua kebutuhan dasar Anda terpenuhi, seperti makan, tidur, dan tidak merasa bersalah (entah karena Anda tahu penyebabnya atau tidak). Mengalami depresi pasca melahirkan tidak menjadikan Anda ibu yang buruk. Setelah Anda mendapatkan perawatan, berbagai perasaan-yang cukup mengganggu ini perlahan akan hilang.

(Baca juga: Menjadi Ibu Baru, Siapkan Diri untuk Hal yang Tak Terprediksi)

Hindari banyak menuntut pada diri Anda
Jika Anda merasa depresi dan cemas, ini bisa cukup berat untuk menjalani hari-hari Anda. Tenangkan diri Anda, dan perlakukan diri Anda secara lembut, serta lakukan semuanya satu per satu.

Minta dukungan
Jangan malu untuk meminta bantuan saat Anda melalui waktu yang berat. Tanyakan pasangan atau keluarga dekat Anda tentang keinginan Anda selama Anda mengalami hal yang berat ini. 

Membagi perasaan Anda
Buka percakapan secara terbuka tentang hal yang telah terjadi. Hubungi pasangan, sahabat, teman, saudara dekat Anda. Atau caritahu tentang diskusi grup atau komunitas soal hal yang sama seperti yang Anda alami, yaitu depresi pasca melahirkan.

Jangan lupakan untuk memanjakan diri Anda
Mintalah pasangan atau saudara dekat Anda untuk menjaga si kecil saat Anda bisa meluangkan waktu untuk manicure, padicure, creambath, spa, dan lainnya. Anda juga bisa melakukan hal yang Anda rindukan, misalnya belanja, menonton bioskop, atau sekedar minum kopi di cafe favorit Anda.

Tidak lupa beristirahat
Pekerjaan baru Anda sebagai orangtua dengan bayi Anda itu tiada hentinya 24 jam selama 7 hari. Sayangnya ketika Anda mengalami masalah depresi ini Anda malah tidak dapat tidur bahkan saat Anda sangat ingin tidur. Beristirahatlah, tidur 10 menit bisa membantu Anda. Cara lain adalah pertimbangkan untuk memperkerjakan baby sitter atau asisten yang bisa membantu Anda, misalnya hanya untuk beberapa jam setiap harinya.

Berjalan-jalan di luar ruang
Coba meluangkan waktu pagi atau sore hari untuk mengajak si kecil berjalan-jalan bersama Anda dengan stroller. Berjalanlah santai, hirup udara segar di sekitar Anda, dan nikmati waktu yang Anda lakukan.

Santai saja
Cucian menumpuk, gosokan menggunung, makanan belum Anda olah, semuanya Anda pikirkan seperti harus selesai dalam waktu sekian menit. Jangan stres, ambil teh, sejenak hela napas dan ambil napas panjang, lalu hubungi pasangan atau orang yang bisa membantu mencuci dan menggosok baju-baju Anda. Jika memungkinkan catat apa yang Anda perlukan, selesaikan satu per satu.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2ii7gVz; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Bagaimana Mengatasi Depresi Pasca Melahirkan?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bagaimana Mengatasi Depresi Pasca Melahirkan?"

Post a Comment

Powered by Blogger.