Search This Blog

6 Manfaat Probiotik untuk Kesehatan

Metrotvnews.com, Jakarta: Apabila bakteri usus adalah pertahanan utama bagi tubuh, maka probiotik adalah senjata penting untuk mempertahankan bakteri bakteri baik guna meningkatkan kualitas kesehatan.

Namun, bakteri yang baik tidak selalu tinggal permanen di usus.

Karena itu, Anda harus secara rutin mendapatkan bakteri baik dari makanan seperti yogurt, kefir, atau dengan mengonsumsi suplemen. Bakteri usus dapat kehilangan keseimbangan akibat penuaan, diet, penyakit, obat atau stres.

Ini adalah enam manfaat probiotik bagi tubuh yang dapat membuat stamina Anda tetap kuat.

1. Mengatasi obesitas dan diabetes

Penelitian telah menunjukkan hubungan utama antara kesehatan usus dan berat badan. Mengonsumsi probiotik meningkatkan kondisi metabolik termasuk obesitas dan diabetes.

2. Menurunkan stres

Otak dan usus Anda dapat berbicara satu sama lain, dan percakapan ini sangat penting selama stres. Penelitian menunjukkan memiliki bakteri yang baik dapat menurunkan kecemasan, stres, depresi dan emosi. Probiotik juga dapat menurunkan produksi hormon kortisol di tubuh yang merupakan hormon stres.

3. Menyembuhkan gangguan pada organ hati

Dalam sebuah penelitian, probiotik dapat mengatasi penyakit liver pada 71 persen orang yang mengikuti percobaan penelitian. Kondisi tersebut terjadi hanya dengan rajin mengonsumsi yogurt setiap hari selama enam bulan.

4. Menjaga kesehatan anak

Mengonsumsi probiotik sangat penting terutama bagi anak-anak. Anak-anak yang mengonsumsi probiotik akan lebih cepat sembuh jika mengalami demam, hidung meler, dan batuk.

5. Melindungi tubuh dari asupan antibiotik

Antibiotik digunakan untuk menyembuhkan infeksi. Tapi, efek samping antibiotik adalah membunuh bakteri sehat dalam usus bersamaan dengan bakteri jahat. Ini dapat menyebabkan masalah seperti diare.

6. Mengatasi masalah perut

Jika Anda mengalami sakit perut atau sembelit, minum probiotik dapat memberikan Anda solusi. Penelitian menunjukkan, pasien yang rajin minum probiotik dapat mengatasi perut kembung dan nyeri.


 
Baca Berita Asal
6 Manfaat Probiotik untuk Kesehatan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Manfaat Probiotik untuk Kesehatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.