Search This Blog

Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat hamil, tidur bisa jadi sangat tidak nyaman terutama jika perut Anda semakin membesar. Padahal, tidur sangat penting bagi wanita hamil karena sulit tidur dapat mengakibatkan komplikasi selama kehamilan.

Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine mengumpulkan informasi terkait pola tidur 168 wanita hamil tentang efek antidepresan pada kehamilan. Pada penelitian ini, peneliti mengambil data yang sama dan melihat kelahiran prematur juga berat badan bayi baru lahir.

Menariknya, ketika wanita sering mengalami sulit tidur selama trimester pertama, mereka lebih mungkin mengalami masalah saat persalinan. Ini karena kekurangan tidur meningkatkan kadar sitokin, protein penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. 

Terlalu banyak sitokin menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang otot-otot ehat dan jaringan yang dapat mengakibatkan komplikasi kelahiran. Kekurangan tidur membuang kadar sitokin untuk masa kehamilan Anda.

Jika Anda sedang hamil dan mengalami kesulitan tidur, beberapa tips dari ahli berikut ini patut dicoba untuk tidur lebih nyenyak.

1. Semakin membesarnya perut membuat posisi tertentu tidak nyaman untuk tidur, sementara yang lain dapat menyakiti bayi. Cobalah untuk menggunakan bantal hamil yang dapat menempatkan seluruh tubuh Anda dan bayi dalam perut tetap nyaman.

2. 42 persen wanita dilaporkan mengalami insomnia. Sejumlah faktor patut disalahkan seperti stres, ketidaknyamanan dan lainnya. Jika Anda telah berbaring di tempat tidur selama 20 menit dan masih terjaga, lakukan sesuatu yang membosankan seperti membaca. Selain itu, cobalah untuk meredupkan cahaya lampu selama membaca untuk membuat Anda mengantuk.

3. Para ahli merekomendasikan tidur antara tujuh hingga sembilan jam per hari. Ini bisa membuat tubuh Anda memiliki waktu cukup bagi mental dan fisik memperbaiki dirinya sendiri. Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak di malam hari, tidurlah di siang hari.

Cobalah untuk tidur selama setengah hingga satu jam di siang hari sebagai pengganti tidur di malam hari. Tunda aktivitas apapun jika sudah merasa mengantuk agar tidur Anda bisa lebih nyenyak.

<iframe class="embedv" width="600" height="400" src="http://ift.tt/2dn4AIr; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil"

Post a Comment

Powered by Blogger.