Search This Blog

Berjalan Setelah Makan Kurangi Kadar Gula Darah Pada Diabetes Tipe 2

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa berjalan kaki sebentar setelah makan besar, terutama setelah mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah besar, dapat membantu mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2.

Penemuan tersebut menunjukkan kadar gula darah setelah makan menurut 12 persen dari rata-rata saat partisipan berjalan-jalan setelah makan dibandingkan dengan melakukannya di waktu lain sepanjang hari.

(Baca juga: Manfaat Peregangan Bagi Tubuh)

"Kebanyakan menunjukkan efek yang sama dimana terjadi penurunan gula darah sebesar 22 persen jika berjalan setelah makan, yang biasanya diikuti dengan bermalas-malasan," ujar pemimpin penelitian Andrew Reynolds dari University of Otago di Selandia Baru.

Glukosa setelah makan adalah salah satu hal yang menjadi perhatian untuk menangani diabetes tipe 2 karena memberi pengaruh tersendiri pada kontrol gula darah secara keseluruhan dan risiko kardiovaskular.

"Aktivitas fisik postprandial dapat mencegah kebutuhan dosis insulin total yang meningkat atau suntikan insulin tambahan saat jam makan yang di sisi lain sudah disarankan untuk menurunkan kadar glukosa setelah makan," tambah Jim Mann, profesor dari universitas yang sama.

Kenaikan dosis insulin sendiri berkaitan dengan peningkatan berat badan pada penderita diabetes tipe 2, yang mana sudah obesitas atau kegemukan terlebih dahulu.

Studi tersebut melibatkan 41 penderita diabetes tipe 2 yang diminta untuk berjalan setelah makan selama 2 pekan untuk dilihat hasilnya.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2euamni; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Berjalan Setelah Makan Kurangi Kadar Gula Darah Pada Diabetes Tipe 2
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berjalan Setelah Makan Kurangi Kadar Gula Darah Pada Diabetes Tipe 2"

Post a Comment

Powered by Blogger.