Search This Blog

Satu Batang Rokok Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Metrotvnews.com, Jakarta: Rokok berkontribusi terhadap tingginya tingkat kematian akibat penyakit paru-paru. Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian dini.

"Tidak ada tingkat aman dari merokok," kata pemimpin studi Maki Inoue-Choi yang merupakan peneliti di National Cancer Institute, Rockville seperti dikutip Foxnews.

Bahkan orang yang merokok kurang dari sebatang dalam sehari, tetap memiliki risiko kematian dini dibandingkan bukan perokok," imbuh Inoue Choi.

Dalam JAMA Internal Medicine disebutkan, tembakau rokok merupakan tantangan utama kesehatan masyarakat. Tercatat, perokok cenderung menghabiskan setengah pak rokok dalam sehari.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang efek kesehatan, peneliti menyurvei lebih dari 290 ribu orang dewasa berusia 59 hingga 82, termasuk lebih dari 22 ribu perokok saat in,  dan lebih dari 156 ribu mantan perokok. Survei dilakukan pada 2004 dan 2005.

Pada 2011, ditemukan bahwa orang dewasa yang secara konsisten merokok sedikitnya setengah batang sehari memiliki risiko kematian sebesar 64 persen.

Sementara, merokok 1 sampai 10 batang per hari dikaitkan dengan kemungkinan 87 persen risiko kematian. Berhenti merokok adalah langkah tepat untuk menghidari risiko tersebut.

Baca Berita Asal
Satu Batang Rokok Tingkatkan Risiko Kematian Dini
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Satu Batang Rokok Tingkatkan Risiko Kematian Dini"

Post a Comment

Powered by Blogger.