Search This Blog

Bahaya Membungkus Makanan dengan Kertas Koran

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Otoritas Standar dan Keamanan Pangan India (FSSAI), membungkus makanan menggunakan kertas koran adalah tindakan yang berbahaya bagi kesehatan.

Pasalnya, tinta pada kertas tersebut mengandung banyak material bioaktif yang dapat memberi dampak negatif pada tubuh.

"Itu adalah praktik tak sehat dan berbahaya, meskipun makanan telah dimasak secara higienis," demikian menurut FSSAI dalam sebuah imbauan.

Dijelaskan bahwa tinta kertas juga mengandung bahan pewarna, pigmen, pengikat, pengawet dan zat adiktif yang berbahaya. Selain kontaminasi kimia tersebut, munculnya organisme mikro patogen saat penggunaan kertas koran juga berpotensi menimbulkan risiko pada tubuh.

Kertas yang terbuat lewat proses daur ulang tersebut kemungkinan telah terkontaminasi dengan bahan kimia seperti phthalate (zat kimia plastisipasi) yang dapat menyebabkan masalah pencernaan dan keracunan parah.

"Orang tua, remaja, anak-anak, dan orang-orang dengan sistem imun dan organ vital terganggu memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker yang berkaitan dengan komplikasi kesehatan, jika mereka terpapar makanan yang terbungkus oleh material tersebut."

Menteri Kesehatan India J.P. Nadda memberikan imbauan tersebut setelah memberikan arahan tentang aturan tentang makanan.

Komisaris Keamanan Pangan dari semua negara akan memulai kampanye sistematis untuk menyadarkan para pemangku kepentingan untuk mencegegah penggunakan kertas koran untuk membungkus makanan. (The Health Site)
Baca Berita Asal
Bahaya Membungkus Makanan dengan Kertas Koran
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bahaya Membungkus Makanan dengan Kertas Koran"

Post a Comment

Powered by Blogger.