Search This Blog

5 Alasan Anda Selalu Merasa Haus

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat musim panas, memang sangat wajar dan normal Anda sering merasa sangat haus karena banyaknya keringat yang keluar. Tetapi, jika Anda selalu merasa haus tanpa alasan yang jelas, ini tidaklah normal.

Selama Anda selalu minum setidaknya delapan gelas sehari dan tetap memberikan cairan bagi tubuh selama dan setelah olahraga, Anda dipastikan tidak akan mengalami haus berlebih. 

Jika asupan cairan sudah terpenuhi dan Anda merasa terus haus, bisa jadi ada masalah kesehatan yang serius. Dokter keluarga di One Medical Phoenix Natasha Bhuyan mengatakan, jangan menunggu tubuh Anda memberi sinyal rasa haus. Sebaiknya, minum air meski Anda merasa tidak haus.

Ada beberapa alasan yang berpotensi memicu rasa haus berlebihan seperti berikut ini.

1. Dehidrasi
Anda mungkin tidak menyadari bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi. Inilah yang dapat memicu rasa haus berlebih. Ukuran standar orang minum air delapan gelas sehari itu tidak harus selalu minum air putih. Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan minuman lain. Kondisi apapun yang memicu dehidrasi bisa teratasi dengan minum banyak cairan.

(Baca juga: 5 Gejala Diabetes yang Mengejutkan dan Harus Anda Ketahui)

2. Makan makanan yang asin
Makanan yang terlalu asin dapat membuat Anda haus. Tubuh membutuhkan keseimbangan yang tepat dari natrium dan air untuk berfungsi baik. Ketika makan terlalu banyak garam atau asin, tubuh akan kehausan dan Anda butuh air untuk mencairkan darah. 

Saat makan makanan yang terlalu asin, Anda juga akan mengalami perut kembung. Ini karena tubuh menyimpan erat kadar air yang kecil.

3. Obat-obatan Anda bikin mulut kering
Beberapa obat memang bisa menyebabkan mulut kering yang memicu rasa haus berlebih. Menurut dokter Bhuyan, obat seperti Dramamine yang sering dipakai untuk obat mabuk dan obat antihistamin memiliki efek samping rasa haus berlebihan. Pastikan Anda minum banyak air untuk menghidrasi tubuh.

4. Anda memiliki diabetes
Diabetes dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk memecah gula dan menyimpannya dengan benar. Sehingga, Anda memiliki tingkat gula yang tinggi dalam darah dan lebih sering pada urine. Gula membuat Anda lebih sering buang air kecil. Ini meningkatkan rasa haus akibat sering buang air kecil. Sering haus dan buang air kecil adalah pertanda diabetes.

5. Anda menderita penyakit autoimun
Sindrom Sjogren adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi selaput lendir. Gejala utamanya adalah mata kering dan mulut kering yang membuat Anda merasa sering haus. Penyakit ini membuat kelenjar ludah tidak membuat air liur yang cukup.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2cO7djN; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
5 Alasan Anda Selalu Merasa Haus
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Alasan Anda Selalu Merasa Haus"

Post a Comment

Powered by Blogger.