Search This Blog

Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Turunkan Berat Badan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kopi dan minuman berkafein lain dipercaya mampu mengatasi rasa kantuk. Selain kafein, makanan yang mengandung gula tinggi juga bisa mengganggu waktu tidur Anda.

Anda yang sering mengalami insomnia atau susah tidur bisa mengalami beragam masalah kesehatan seperti kenaikan berat badan, kadar hormon yang menurun, masalah gula darah dan insulin. Karenanya, hati-hati dengan minuman yang Anda konsumsi sebelum tidur.

Lelah dengan kebiasaan sulit tidur, Anda bisa mencoba lima jenis minuman berikut yang tak hanya bisa membuat tidur lebih nyenyak tapi juga bisa menurunkan berat badan.

1. Teh chamomile
Secangkir teh hangat sebelum tidur bisa meningkatkan kadar glisin dalam tubuh Anda. Glisin adalah sebuah neurotransmiter yang bisa menenangkan saraf Anda dan bertindak sebagai obat penenang yang ringan. Chamomile berhubungan dengan peningkatan kontrol glukosa dan penurunan berat badan. Cukup pastikan Anda minum teh bebas kafein sebelum tidur.

2. Protein kacang kedelai
Kacang kedelai, baik dalam bentuk susu atau bubuk protein mengandung asam amino triptofan yang bisa bertindak sebagai pembuka untuk memicu melatonin, hormon pengantar tidur. Triptofan pada kacang kedelai juga bisa mengurangi kadar hormon kortisol yang membantu mengurangi lemak perut.

3. Susu
Segelas susu hangat dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak karena mengandung dosis yang sehat dari triptofan dan kalsium. Bagi wanita yang senang olahraga, protein kasein dari susu lambat untuk dicerna sehingga bisa membantu Anda membangun otot sepanjang malam. Hasilnya, metabolisme bisa lebih cepat dan mudah menurunkan berat badan.

4. Jus Anggur
Meski tidak direkomendasikan mengonsumsi jus di malam hari, tapi segelas kecil jus anggur murni dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mampu membakar lemak lebih banyak. International Journal of Obesity pada 2015 menemukan bahwa resveratrol, antioksidan pada anggur, mengubah kalori yang berasal dari simpanan lemak putih menjadi lemak cokelat.

5. Kefir
Kefir menyerupai yogurt karena sama-sama terbuat dari susu fermentasi dan kaya probiotik namun memiliki tekstur lebih cair. Kefir juga berfungsi seperti yogurt yang bisa meningkatkan bakteri baik dalam usus, menyehatkan pencernaan dan membantu penyerapan vitamin dan mineral lebih efektif.

 
Baca Berita Asal
Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Turunkan Berat Badan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Turunkan Berat Badan"

Post a Comment

Powered by Blogger.