Search This Blog

Penuhi Kebutuhan Magnesium untuk Cegah Depresi

Metrotvnews.com, Jakarta: Magnesium merupakan mineral yang termasuk ke dalam golongan gizi mikro. Meski demikian, magnesium memiliki fungsi serbaguna yang dibutuhkan tubuh.

Sebuah studi terbaru di Tiongkok menemukan bahwa mencukupi kebutuhan magnesium menurunkan risiko penyakit jantung (10 persen), stroke (12 persen), dan diabetes tipe 2 (19 persen).

"Pedoman kesehatan merekomendasikan asupan magnesium sebesar 300 mg per hari untuk laki-laki dan 270 mg per hari untuk perempuan," ujar Dr Fudi Wang, penulis studi dari School of Public Health Universitas Zhejiang seperti dikutip Medical Daily.

Ia memaparkan, magnesium berperan dalam lebih dari 300 reaksi kimia berbeda dalam tubuh. termasuk metabolisme glukosa, produksi protein, dan sintesis asam nukleat seperti DNA.

Masih ada sederet manfaat dari magnesium selain mempertahankan fungsi normal saraf dan otot, menciptakan sistem kekebalan tubuh yang sehat, menjaga kestabilan denyut jantung, dan membantu mempertahankan kekuatan tulang.

Berikut seperti dikutip Medical Daily.

1. Mencegah depresi

Magnesium memainkan peran penting dalam menjaga kinerja otak dan suasana hati. Sebuah studi yang melibatkan 8.800 partisipan menemukan, mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan kekurangan kalsium memiliki risiko depresi sebanyak 22 persen. Para peneliti meyakini pola makan buruk dan rendah magnesium menjadi penyebab dari banyaknya kasus depresi dan penyakit mental.

2. Meredakan gejala PMS

Premenstrual Syndrome yang dialami perempuan sebelum menstruasi menyebabkan gejala seperti kram perut, kelelahan, dan mudah tersinggung. Dalam hal ini, magnesium terbukti mampu memperbaiki suasana hati, mengurangi retensi air penyebab perut kembung, dan gejala PMS lainnya.

3. Meredakan migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah dapat menurunkan produktivitas dan membuat pasiennya menjadi lemah. Kondisi ini juga dikaitkan dengan defisiensi magnesium. Studi terbaru menemukan, magnesium dapat mencegah dan mengobati migrain secara cepat dan efektif dibandingkan obat pereda nyeri.

Cukupi kebutuhan magnesium dengan banyak mengonsumsi makanan seperti bayam, sereal, kedelai, alpukat, almod, dan kacang-kacangan.


Lihat Video: Waspadai Kolesterol Tinggi

<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2huou5B; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

 
Baca Berita Asal
Penuhi Kebutuhan Magnesium untuk Cegah Depresi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penuhi Kebutuhan Magnesium untuk Cegah Depresi"

Post a Comment

Powered by Blogger.