Search This Blog

Mengenal Lebih Dekat Penjara Tasmania di Hobart

Metrotvnews.com: Sejatinya, liburan bertujuan untuk rehat sejenak dari kejenuhan kegiatan sehari-hari. Namun, tidak ada salahnya berlibur ke tempat yang dapat menambah wawasan Anda, terutama seputar sejarah. Jika tertarik dengan sejarah Australia, Anda harus mempertimbangkan Hobart masuk dalam daftar tujuan liburan Anda berikutnya.

Berikut ini, tiga alasan mengapa Hobart pantas untuk dikunjungi.

1. Sejarah
Salah satu alasan bagi Anda untuk mengunjungi Hobart yang terletak di Tasmania, adalah sejarahnya. Tasmania memiliki sejarah tentang kriminalitas, hukuman dan bagaimana sulitnya hidup di salah satu tempat yang "paling kejam" di Australia.

Menurut Discover Tasmania, pada awal tahun 1800-an, ada lebih dari 70 ribu pria, wanita dan anak-anak yang dipindahkan ke Van Diemens Land alias Tasmania. Menariknya, banyak bangunan tua bersejarah yang masih berdiri hingga saat ini.

Tidak peduli ke mana Anda melangkah, Anda akan melihat sejarah penjara Australia di Tasmania. Karena itu, pulau ini adalah tempat yang cocok bagi Anda untuk belajar tentang sejarah Australia. Faktanya, dari 11 penjara Australia yang masuk ke dalam daftar Peninggalan Dunia UNESCO, lima di antaranya ada di Tasmania.

Salah satu tempat bersejarah yang paling ternama adalah Port Arthur. Penjara ini merupakan yang paling utuh dan merupakan salah satu tempat wisata wajib bagi orang-orang yang berkunjung ke Tasmania.

Australia Hobart

Gambar: portarthur.org.au


Menurut situs portarthur.org.au, tempat tersebut memiliki lebih dari 30 bangunan, reruntuhan, dan rumah tua yang telah dibangun ulang. Semua itu terbentang di atas lahan seluas 40 hektare. Mengingat luasnya tempat ini, Anda sebaiknya menyisihkan waktu setengah hari untuk menjelajahi.

Jika Anda hanya punya waktu sekitar setengah hari, hal pertama yang sebaiknya dilakukan ialah mengikuti tur pengenalan dan menjelajah ke pelabuhan. Kemudian, pilih beberapa tempat yang paling menarik untuk dikunjungi, seperti Penitentiary alias penjara yang dibangun pada tahun 1843. Sebelum digunakan sebagai penjara mulai tahun 1857, lokasi tersebut dijadikan tempat penggilingan tepung dan lumbung.

Tempat yang dapat menampung 480 orang ini juga memiliki kantin, perpustakaan, dan kapel Katolik. Sayangnya, bangunan ini terbakar pada tahun 1897 dan dibiarkan begitu saja sampai program konservasi diadakan pada 1960.

Australia Hobart

Gambar: portarthur.org.au


Salah satu tempat lain yang bisa Anda kunjungi di Port Arthur adalah Separate Prison, yang dibangun pada tahun 1850. Bagian penjara ini terdiri dari sel terpisah dengan tembok tebal. Di sini, para narapidana akan diberikan hukuman mental berupa isolasi.

Port Arthur tidak hanya menjadi tempat tinggal bagi para narapidana, tapi juga para pengawas dan keluarga mereka. Karena itulah, Commandant's House menjadi salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi. Tempat ini telah ada sejak tahun 1833. Menurut sejarah, biasanya rumah para pengawas akan diurus oleh para narapidana/pelayan.

Australia Hobart

Gambar: portarthur.org.au


Site Entry Pass untuk Port Arthur akan berlaku untuk dua hari. Karena itu, kebanyakan pengunjung memilih untuk menginap di kawasan Port Arthur, sehingga mereka bisa dengan leluasa menjelajah tempat ini, termasuk untuk ikut serta dalam tur malam hari.

Tur malam hari yang dinamai Ghost Tour akan dimulai setiap pukul 08.45 atau 09.00 malam. Dalam tur yang berlangsung selama 90 menit, pemandu akan menjelaskan cerita tentang bangunan dan reruntuhan yang ada. Tidak hanya sejarah dari bangunan tersebut, tapi juga cerita supernatural yang ada di penjara, termasuk kejadian yang kadang dialami oleh staf dan pengunjung.

2. Penyulingan anggur
Selain sejarah, Tasmania juga dikenal dengan wiski dan barnya. Faktanya, Sullivan's Cove Whisky berhasil memenangkan World Whiskies Award dalam kategori World's Best Single Malt. Selain menjual wiski, tempat ini juga menawarkan tur ke penyulingan anggur dimana mereka juga menawarkan Anda untuk menyicip wiski yang ada.

Dua penyulingan anggur lainnya adalah Nant Whisky Cellar dan Lark Cellar Door. Sama seperti Sullivan's, kedua tempat ini juga menawarkan tur. Lark Cellar Door menawarkan 2 tipe tur, yaitu Lark Distillery Tour yang berlangsung selama 2 jam atau tur Premium Lark Experience yang berlangsung selama 8 jam.

Dalam tur Lark Distillery Tour, Anda bisa melihat bahan dan cara membuat wiski, sementara tur yang lebih lama akan menawarkan Anda untuk mencoba proses pembuatan secara langsung dan diikuti proses pengujian wiski.

3. Restoran
Jika Anda tidak tertarik dengan wiski, Anda dapat mengunjungi restoran yang ada di Hobart, termasuk Aloft yang menyajikan pemandangan pelabuhan.

Menurut situs resmi Aloft, nama restoran ini diambil dari bahasa Norse Tua, yang berarti "tempat tinggi" atau "di langit." Sesuai namanya, restoran Aloft terletak di lantai atas dari Brooke Street Pier yang ada di pinggir pantai Hobart.

Di tepi restoran tersebut, Anda dapat melihat pemandangan pelabuhan. Sementara, jika Anda duduk di area utama, Anda bisa memandang ke arah dapur dan melihat bagaimana para chef Aloft bekerja.

Australia Hobart

Gambar: TripAdvisor


Untuk mencari restoran terkenal lainnya, langkahkan kaki ke Elizabeth Street. Di sini Anda bisa mampir ke Ethos Eat Drink. Salah satu hal menarik dari Ethos adalah bagian tertua dari restoran ini yang dibangun sekitar 1820.

Ketika itu, ia menjadi bagian dari halaman Old Hobart Hotel. Hotel ini kemudian dihancurkan pada tahun 1830, dan dibangun Ash Chemist and Druggist, yang beroperasi pada 1830 hingga 2000. Sisa peninggalan sejarah di Ethos itu masih dapat dilihat hingga hari ini.

Jika tertarik berlibur ke Hobart saat liburan mendatang, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencari tahu tentang perjalanan dan akomodasi di tempat tersebut. Tak usah bingung mencari hotel dan tiket pesawat, manfaatkan Wego untuk mencari harga terbaik.

Hobart tentu bukan satu-satunya kota yang menarik untuk berlibur di Australian. Cairns, misalnya. Di sana ada Daintree, hutan hujan tropis di dataran rendah tertua di dunia yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati liburan di alam. Cairns juga cocok untuk didatangi bagi Anda yang gemar memotret binatang liar. Sebelum memotret binatang liar, ada baiknya Anda membaca tipsnya di sini.

Tidak puas sekadar mengambil foto binatang liar dan ingin mengambil foto selfie yang ekstrem? Anda bisa mengunjungi Darwin. Di sana, Anda bisa mengambil foto selfie bersama buaya air asin terbesar di dunia.

Wisata malam hari pun tak kalah menarik, lho. Pesona Perth makin memukau kala malam tiba. Selain mengunjungi bar, ada tiga wisata malam lain yang sayang jika dilewatkan. Anda bisa menyaksikan live music, pertunjukan teater, musik, dan tarian. Pilihan ada di tangan Anda.


Baca Berita Asal
Mengenal Lebih Dekat Penjara Tasmania di Hobart
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Penjara Tasmania di Hobart"

Post a Comment

Powered by Blogger.