Search This Blog

Merasa Pusing Saat Berdiri Mendadak, Bahaya atau Tidak?

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkin Anda pernah mengalami pusing saat berdiri secara mendadak. Para ahli pun mengatakan bahwa hal tersebut biasanya disebabkan karena menurunnya tekanan darah.

Namun, berbahayakah hal tersebut?

Associate professor of neurology di Harvard Medical School Christopher Gibbons, mengatakan, bahwa kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Ketika Anda berdiri dengan cepat, gaya gravitasi menarik darah ke kaki Anda. Untuk menanganinya, sistem saraf Anda langsung bergerak cepat sehingga meningkatkan denyut jantung dan memperketat pembuluh darah untuk mencoba menjaga tekanan darah.

Jika tubuh Anda mengembalikan tekanan darah dengan cepat, Anda tidak akan merasa lemas. Tetapi jika pembuluh darah Anda terlalu lambat mengembalikan tekanan darah, prosesnya akan tertunda. Akibatnya, aliran darah rendah ke otak yang menyebabkan Anda merasa pusing selama beberapa detik.

Anda lebih mungkin akan mengalami ini jika Anda memang memiliki tekanan darah yang rendah atau sedang meminum obat tekanan darah. Sementara faktor lain, bisa disebabkan lantaran Anda menderita dehidrasi.

Segera periksakan diri ke dokter apabila pusing tak kunjung sembuh. Sebab, mungkin mengarah pada indikasi yang lebih serius."Sebab tekanan darah yang menurun tidak kunjung pulih," kata Dr. Gibbons.

Kondisi tersebut harus segera Anda periksakan karena orang dengan hipotensi ortostatik secara signifikan berisiko lebih besar untuk meninggal lebih dari 10 tahun kemudian, menurut studi Dr. Gibbon.

Hipotensi ortosatik dapat menyebabkan pingsan, jatuh, dan cedera. Namun, kondisi ini juga bisa menandakan bahwa sesuatu dalam tubuh Anda tidak bekerja dengan baik. Ini mungkin menunjukkan penyakit seperti diabetes atau parkinson, yang keduanya dapat merusak saraf dan mengganggu regulasi tekanan darah tubuh.

 
Baca Berita Asal
Merasa Pusing Saat Berdiri Mendadak, Bahaya atau Tidak?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Merasa Pusing Saat Berdiri Mendadak, Bahaya atau Tidak?"

Post a Comment

Powered by Blogger.