Search This Blog

Pengobatan Progesteron Solusi agar Tidak Keguguran

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi baru menyebutkan, pengobatan progesteron bisa menjadi jalan keluar bagi wanita agar tehindar dari keguguran. 

Progesteron adalah salah satu hormon dalam tubuh kita yang merangsang dan mengatur berbagai fungsi penting, diantaranya menjaga kehamilan, mempersiapkan tubuh untuk pembuahan, dan mengatur siklus menstruasi bulanan.

Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility, dua-pertiga dari wanita yang menggunakan suplemen hormonal sebelum hamil, terhindar dari keguguran meski mengalami hal serupa sebanyak dua kali sebelumnya.

Hormon ini terbukti membantu menstabilkan lapisan rahim yang disebut endometrium. Lapisan ini memegang faktor penting untuk menjaga perkembangan embrio agar tetap sehat.

Dalam penelitiannya, peneliti dari University of Indiana dan Yale University merekrut 116 wanita yang telah mengalami keguguran dini. Seluruh peserta kemudian diuji tingkat nCyclinE, penanda molekuler untuk kesehatan endometrium. 

Setelah itu, wanita yang memiliki tingkat nCycline normal, kemudian diresepkan dan diberikan suplementasi progesteron yang dimasukan melalui vagina sebanyak dua kali sehari selama paruh kedua siklus menstruasi.

Hasilnya, 68 persen kelompok yang menerima progesteron berhasil hamil dan melahirkan. Sedangkan, tingkat kehamilan yang kemudian melahirkan bagi kelompok yang tidak menerima hormon sekitar 51 persen.

Para peneliti percaya, progesteron menyebabkan endometrium untuk mensekresikan lebih banyak nutrisi, yang berfungsi sebagai makanan bagi embrio di minggu pertama. 

(Baca juga: Hati-Hati, Keguguran Intai Wanita yang Hamil Muda)

Ketua tim peneliti dan Direktur Program Keguguran the University of Illinois Hospital and Health Sciences, Dr. Mary Stephenson menyarankan wanita yang telah mengalami keguguran mengonsultasikan cara ini dengan dokter kandungan tentang suplemen progesteron.

"Kami sekarang tahu bahwa untuk beberapa wanita, penggunaan progesteron di paruh kedua siklus menstruasi dikaitkan dengan kemungkinan keberhasilan kehamilan sampai proses persalinan, dan ini benar-benar kabar baik," kata Dr. Stephenson. 
(Dr. Mary Stephenson, MD MSc.
Ketua tim peneliti dan Direktur Program Keguguran, the University of Illinois Hospital and Health Sciences. Dok. Chicago.medicine)



Stephenson menambahkan, "Kita juga tahu bahwa progesteron aman pada awal kehamilan, mudah digunakan dan murah," ungkap dia.

Stephenson menjelaskan, progesteron dapat ditentukan dalam beberapa bentuk, seperti krim, kapsul dan pil yang dimasukkan melalui vagina dengan aplikator. Cara ini juga dapat dilakukan sendiri oleh perempuan tanpa bantuan medis.

Namun, Stephenson menyarankan agar wanita yang ingin menggunakan metode ini untuk menjalani pemeriksaan menyeluruh. Hal itu dilakukan untuk menentukan strategi pengobatan yang cocok.

Stephenson mengungkapkan, saat ini dia berada di tahap awal pengembangan uji coba klinis secara acak. Hal itu diperlukan untuk memvalidasi temuan awal dan mempengaruhi setiap rekomendasi resmi untuk wanita yang telah mengalami banyak keguguran.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2dz6aUL; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Pengobatan Progesteron Solusi agar Tidak Keguguran
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengobatan Progesteron Solusi agar Tidak Keguguran"

Post a Comment

Powered by Blogger.