Search This Blog

Kombinasi Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Metrotvnews.com, Jakarta: Kombinasi dua atau lebih jenis makanan sering dilakukan saat ini. Namun, kebiasaan ini terkadang hanya menyajikan kenikmatan tanpa memberikan efek yang baik terhadap tubuh.

Asupan makanan dan minuman sehat untuk tubuh seperti, buah-buahan, air dan susu tidak memiliki kontribusi yang baik jika dikombinasikan dengan makanan lain. 

"Orang harus memiliki diet seimbang dan penting untuk memiliki kombinasi dari semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita," kata Dr. Manish Tiwari (DM, Gastroenterologi).

Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan kombinasi asupan makan dan minuman yang Anda konsumsi. Sehingga, kombinasi makanan yang Anda pilih tidak salah.

Kali ini, kami akan menyajikan beberapa daftar kombinasi makanan yang tidak menyehatkan, yaitu: 

- Minuman dingin dengan makanan keju
Kedengarannya menggoda tapi pasti tidak sehat. Makanan sarat dengan keju yang tidak baik untuk kesehatan Anda. 

Bagi pecinta keju, Anda dapat menghindari minuman ringan saat mengonsumsinya. Sebab, minuman bersoda surplus gula, lemak dan kalori yang tidak bisa dicerna dengan mudah dan sangat berkaitan dengan peningkatan masalah obesitas.

(Baca juga: Mulai Sarapan Sehat dengan Makanan Ini)

- Pisang dan susu
Kombinasi antara pisang dan susu adalah masalah utama bagi perut. Sebab, pisang dapat membuat kandungan asam dalam perut mengentalkan sehingga sulit untuk dicerna.

Alasan lain yaitu, produk susu jika dicampur dengan buah-buahan seperti pisang dapat  membuat perut menjadi kembung.

- Buah-buahan setelah makan
Kebanyakan orang menganggap bahwa buah-buahan adalah satu satu pencuci mulut. Ternyata, kebiasaan mengonsumsi buah-buahan setelah makan adalah kesahalan besar.

Idealnya, mengonsumsi buah-buahan adalah satu jam sebelum makan, karena berfungsi sebagai hidangan pembuka. Jika buah-buahan yang dikonsumsi segera setelah makan, semua nutrisi yang tidak bisa diserap dengan baik. 

Cobalah untuk memberikan setidaknya celah tiga puluh menit antara makan dan buah. Menurut Dr. Manish Tiwari, "Pasti ada buah-buahan untuk setiap musiamnya, dan jika Anda merasa lapar di malam hari, maka jangan konsumsi makanan yang tidak sehat, makanlah buah-buahan."



- Air dengan makanan
Dr. Manish Tiwari menganjurkan tidak minum air saat atau setelah makan. Sebab, minum air saat makan menyebabkan ketidaknyamanan dan dapat mengganggu pencernaan Anda.

Setidaknya, dibutuhkan waktu minimal 30 menit setelah makan. Hal ini dapat membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

- Teh setelah makan
Teh mengandung asam tanat. Jika dikonsumsi setelah makan, asam ini mengikat zat besi dan protein yang pada akhirnya menghambat penyerapan nutrisi dari makanan.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2j3A18x; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Kombinasi Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kombinasi Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari"

Post a Comment

Powered by Blogger.