Search This Blog

Kelebihan dan Kekurangan Jus yang Harus Anda Ketahui

Metrotvnews.com, Jakarta: Jus merupakan salah satu jenis minuman yang banyak menjanjikan keuntungan bagi tubuh. Tak heran sari buah ini sangat populer dan banyak dikonsumsi oleh orang.

Namun, ada beberapa fakta menarik mengenai jus yang perlu diketahui sehingga Anda mengetahui kekurangan dan kerugiannya, yaitu



Kekurangan

- Jus tidak mengganti makanan
Sebagian besar percaya jus adalah salah satu alternatif sehat untuk makanan sehat. Tapi, kebanyakan para ahli sepakat bahwa sari pati buah-buahan atau sayuran ini bukan pengganti makanan. 

Contohnya, jus kangkung, bayam, dan sayuran lainnya hanya menawarkan jumlah protein yang sederhana. Oleh karena itu, jus tidak cocok dijadikan sebagai pengganti asupan makanan utama.

- Jus tidak untuk membersihkan racun
Ada kesalahpahaman bahwa jus dapat membersihkan racun pada tubuh. Sebenarnya, tubuh tidak memerlukan jus untuk membersihkan racun dalam tubuh.

"Jika ada hal-hal buruk yang beredar dalam tubuh Anda, hati dan ginjal bekerja sangat baik di menetralkannya," kata Natalie Rizzo, RD Gizi à la Natalie di New York City.

- Mengurangi asupan serat
Ketika Anda mengubah bentuk buah-buahan atau sayuran dari padat menjadi cair, maka hal itu akan mengurangi jumlah serat terkandung di dalamnya.

Padahal, serat masih sangat dibutuhkan untuk membantu pencernaan.

"Ini adalah nutrisi berharga yang membantu dalam pencernaan dan membantu Anda merasa puas. Sekali lagi jus adalah minuman, bukan makanan. Anda masih akan merasa lapar," kata ahli gizi Abbey Sharp.



Kelebihan

- Mengontrol kelebihan gula
Jus segar sebagai bagian dari diet seimbang, membantu Anda mengontrol kadar gula. "Ketika Anda tetap dengan jus segar diperas yang tidak dikemas, Anda dapat menghindari banyak gula tambahan," kata Sharp.

(Baca juga: Mana Lebih Sehat, Jus atau Smoothie?)

- Kaya antioksidan
Jus yang kaya akan vitamin A, C, dan E bertindak sebagai zat antioksidan pada tubuh. Sehingga dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.

Sekedar informasi, radikal bebas pada tubuh berasal dari polusi, sinar matahai yang merusak dan merokok. "Kelebihan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker," kata Sharp.



- Alternatif minuman bernutrisi

Jika dibandingkan soda dan minuman olahraga, jus lebih banyak memberikan nutrisi pada tubuh. Selain itu, minuman yang berasal dari sari buah atau sayuran ini lebih sehat dibandingkan yang lain.

"Dibandingkan dengan soda dan minuman manis lainnya seperti minuman olahraga, ia memiliki kepadatan nutrisi lebih tanpa tambahan gula dan pengawet," kata Sharp.

- Pengganti cairan
Kebanyakan orang lupa untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Bisa jadi hal itu dikarenakan malas minum air putih yang memiliki rasa tawar.

Anda bisa memanfaatkan jus untuk mengatasi hal ini. "Juice setidaknya dapat meningkatkan cairan asupan cairan dan sebagai lawan dehidrasi karena efek kopi, soda, atau alkohol," kata Sharp.

- Kulit luar buah-buahan atau sayuran mengandung nutrisi tinggi
Tidak membuang kulit buah-buahan atau sayuran dapat membuat Anda lebih praktis membuat jus. 

Sharp mengatakan, nutrisi pada beberapa jenis buah-buahan dan sayuran cukup tinggi, seperti kulit apel, pir, pisang, bit, mentimun, paprika, terong, anggur, kiwi, semangka, jahe, wortel, buah persik, nektarin, dan plum.

"Bila mungkin, saya sarankan cuci dan jus produk organik tanpa mengupas itu. Tapi jika tidak organik, Anda harus selalu mengelupas, akan mengurangi ekspos terhadap pestisida," kata Sharp.

Selain itu, Sharp juga mengungkapkan cara ini tidak cocok diterapkan terahap beberapa jenis buah-buahan, yaitu lemon dan limau karena dapat mengganggu perut, jeruk bali karena rasanya yang pahit, mangga karena menyebabkan efek samping pada beberapa orang dan labu.





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2igz9jL; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Kelebihan dan Kekurangan Jus yang Harus Anda Ketahui
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Jus yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Powered by Blogger.