Search This Blog

Manfaat Menunda Memotong Tali Pusat Bayi

Metrotvnews.com, Jakarta: Rekomendasi terbaru untuk para dokter kandungan di Amerika yaitu mengenai kecepatan memotong tali pusat pada bayi baru lahir. 

Rekomendasi tersebut menyarankan setidaknya dokter menunggu 30 detik hingga 60 detik untuk memotong tali pusat pada bayi sehat.

Saat ini, umumnya dokter di Amerika memotong tali pusat dalam waktu 15-20 detik dari kelahiran, kecuali pada bayi prematur. 

Memotong tali pusat merupakan momen yang tak terlupakan di ruang bersalin. Rekomendasi dari American College of Obstetricians and Gynecologist juga memberi saran bahwa proses ini tidak akan mengganggu jika sang ayah ingin membantu.

(Baca juga: Gejala Infeksi pada Tali Pusat Bayi)

Dr. Maria Mascola menjelaskan, mungkin waktu yang direkomendasikan terbaru memang tidak lama. Namun, banyak darah yang kaya oksigen mencapai bayi melalui tali pusat segera setelah lahir.

Menurutnya, darah yang mengalir bisa terjadi selama lima menit. Tapi, banyak dari darah plasenta yang mengalir pada menit pertama.

Darah plasenta ini sudah terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Di dalam rahim, plasenta bertindak sebagai paru-paru janin. Tapi, dalam hitungan detik kelahiran, sirkulasinya berubah dan paru-paru diisi dengan cairan yang digunakan untuk bayi menghirup udara. Sehingga, memotong tali pusat terlalu cepat dapat memangkas oksigen tambahan di awal mereka bernapas.

Studi menunjukkan bahwa bayi yang lahir prematur dan menjalani pemotongan tali pusat yang lama, memberikan manfaat kesehatan seperti lebih rendah menerima transfusi darah, anemia dan pendarahan di otak. Sebuah studi juga menunjukkan menunggu tiga menit untuk memotong tali pusat dapat membuat sedikit lebih baik pada perkembangan otak bayi.

Namun, menunda memotong tali pusat tidak akan dilakukan jika bayi memiliki masalah saat lahir. 

Misalnya, bayi yang memiliki masalah pernapasan dan membutuhkan perawatan darurat. Sementara itu, bayi akan tetap dipantau terutama untuk tanda-tanda penyakit kuning.

Meskipun setiap bayi baru lahir berpotensi untuk terkena kuning, namun penyakit ini akan sedikit meningkat dengan penundaan pemotongan tali pusat.





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2cTgUwS; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Manfaat Menunda Memotong Tali Pusat Bayi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaat Menunda Memotong Tali Pusat Bayi"

Post a Comment

Powered by Blogger.