Search This Blog

Studi: Telah Ditemukan Sel yang Dapat Membuat Gejala Radang Arthritis Berkurang

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian telah mengidentifikasi sebuah molekul yang dibutuhkan untuk sel imun di bagian sendi yang dapat dijadikan sebagai pendekatan untuk pengobatan arthritis yang meradang. 

Para peneliri dari Massachusetts General Hospital (MGH) tersebut telah menemukan bahwa sel imun yang sudah diteliti tersebut dapat membantu mengindentifikasi peradangan arthritis.

Penemuan tersebut mengindikasikan bahwa spesifik molekul bernama C5a diperlukan untuk menciptakan sel imun bernama neutrofil untuk terus menempel pada permukaan sendi dan bermigrasi ke dalam sendi. Ini adalah proses untuk menonaktifkan peradangan lebih dalam.

(Baca juga: Penderita Arthritis Dianjurkan Berjalan Kaki 45 Menit dalam Seminggu)

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Science Immunology tersebut telah mengidentifikasikan langkah awal pada paradangan sendi untuk jenis radang arthritis. 

"Radang arthritis disebabkan oleh sel imun yang diambil dari sendi ke dalam sebuah proses yang diatur oleh kemoatraktan dan reseptor adhesi," tukas pemimpin studi Andrew Luster. 

Ia melanjutkan, bila penyakit menimbulkan gejala, maka sulit untuk menentukan langkah awal yang memicu pengambilan sel kekebalan ke dalam sendi dan peran spesifik dai kemoatraktan yang berbeda. 



Untuk melihat peran kemoatraktan tipe III yang sangat sensitif, peneliti lain Yoshishige Miyabe menggunakan multiphoton intravital microscopy, sebuah alat teknologi gambar untuk memelajari pergerakan sel imun pada hewan. 

Hasilnya menunjukkan bahwa sel imun dalam sendi menginduksi generasi komlemen C5a yang merupakan komponen bawaan, yang kemudian terlihat berdekatan pada dinding dalam pembuluh darah. 

C5a kemudian berinteraksi dengan reseptor C5a pada neutrofil melalui pembuluh darah yang kemudian memengaruhi sendi sehingga menyebabkan peradangan.

"Kontrol masuknya kekebalan ke dalam sendi merupakan titik utama dimana terapi sedang dikembangkan untuk mengurangi gejala radang athritis," tutup Luster. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2jvhbbr; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Studi: Telah Ditemukan Sel yang Dapat Membuat Gejala Radang Arthritis Berkurang
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Telah Ditemukan Sel yang Dapat Membuat Gejala Radang Arthritis Berkurang"

Post a Comment

Powered by Blogger.