Search This Blog

Psikolog: Anak Masa Kini adalah Penduduk Asli Dunia Digital

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak jarang kita melihat anak kecil, bahkan berusia bawah lima tahun (balita) bermain gadget dengan lihai. Bahkan, mereka tak bisa lepas dari benda elektronik tersebut.

Apa yang harus dilakukan orangtua dalam menghadapi situasi tersebut?

"Sekarang ini, anak adalah penduduk asli dunia digital. Kita sebagai orangtua jangan bertindak sebagai alien," ungkap psikolog anak Annelia Sari Sani, M.Psi dalam acara konfrensi pers HiLo School Drawing Competition 2017, Rabu (26/1/2017).

Ia menyarankan, sebaiknya orangtua membatasi kontak anak dengan gadget dimana durasi yang disarankan untuk anak berusia di atas 2 tahun adalah dua jam. 

(Baca juga: Waspada Penyakit yang Dipicu Cahaya Layar Gadget)



Selain itu, penggunaan gadget juga sebaiknya diawasi oleh orangtua agar orangtua tahu apa saja yang telah diperoleh anak melalui benda elektronik tersebut.

"Bila perlu, masukkan aplikasi dimana orangtua bisa ikut terlibat di dalamnya sehingga keduanya juga ada interaksi," sarannya.

Sementara, untuk anak yang berusia di bawah 2 tahun, tidak disarankan sama sekali untuk melakukan interaksi dengan gadget. 

Hal ini dikarenakan, pada usia emas tersebut, anak lebih disarankan untuk belajar melalui apa yang ada di sekitarnya atau secara nyata.

"Jika anak tidak dipapar dengan gadget pada usia dini, maka kecenderungan untuk kecanduan atau adiksi pun makin kecil," tambahnya. 





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2kyF5Tt; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Psikolog: Anak Masa Kini adalah Penduduk Asli Dunia Digital
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Psikolog: Anak Masa Kini adalah Penduduk Asli Dunia Digital"

Post a Comment

Powered by Blogger.