Search This Blog

Perhatikan Hal Berikut Saat Minum Antibiotik

Metrotvnews.com, Jakarta: Antibiotik adalah jenis obat-obatan yang melawan infeksi bakteri dalam tubuh dan sering dijadikan pendamping obat-obatan inti. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi antibiotik. Apa sajakah itu?

1. Jangan sembarangan
Setiap antibiotik bekerja dengan baik pada tipe penyakit tertentu dan yang paling mengerti bagian tersebut adalah dokter. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan dokter lebih dulu, jangan mengonsumsi antibiotik dengan inisiatif sendiri. 

2. Bersifat mengobati infeksi bakteri, bukan bakteri umum
Antibiotik tidak bisa melawan beberapa jenis penyakit karena virus seperti pilek, flu, batuk, bronkitis, atau radang tenggorokan. 

(Baca juga: Jangan Minum Antibiotik Jika Tidak Diperlukan, Ini Akibatnya)



3. Memiliki efek samping
Beberapa jenis antibiotik memiliki efek samping yang merugikan seperti feses lunak, diare berair, gatal-gatal, muntah, kram perut, bintik-bintik putih di lidah, pembengkakan bibir dan wajah, kesulitan bernafas dan gatal di vagina.

4. Menggabungkan antibiotik
Menggabungkan beberapa jenis antibiotik terkadang membantu mengobati penyakit berat. Kombinasi tersebut penting untuk melawan pengembangan bakteri yang cepat dimana untuk beberapa jenis bakteri yang rentan antibiotik bisa dibasmi dengan kombinasi antibiotik. 


5. Dosis antibiotik
Dosis umum antibiotik adalah dua sampai tiga kali sehari, jangan menambahkan bila tidak dianjurkan.

Ikutilah resep dokter. Selain itu, habiskan antibiotik atau pengobatan Anda tidak akan maksimal. 

6. Waktu minum 
Kebanyakan antibiotik dikonsumsi setelah makan berat. Oleh karena itu, makanlah makanan yang biasa dan tidak pedas. Selain itu, jangan minum alkohol selama Anda mengonsumsi antibiotik. 

7. Minum banyak air
Pastikan Anda minum banyak air putih untuk membersihkan racun dalam tubuh. Tambahan seperti suplemen vitamin, yogurt, dan makanan probiotik lainnya untuk memperkuat tubuh juga penting untuk bakteri sehat dalam usus. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2cMDo3G; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Perhatikan Hal Berikut Saat Minum Antibiotik
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perhatikan Hal Berikut Saat Minum Antibiotik"

Post a Comment

Powered by Blogger.