Search This Blog

3 Cara Mencegah Kram Pada Perut

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain perih, rasa lapar juga bisa menimbulkan kram perut, yang ditandai dengan suara "keriuk" akibat tingginya gas lambung. Suara tersebut berasal dari usus yang memberi sinyal ke otak agar kita segera makan.

Pertanyaannya, mengapa bisa timbul suara dari perut ketika lapar?

Hal itu terjadi karena banyaknya udara di perut, yang biasanya diakibatkan karena kebiasaan makan terlalu cepat, dan terlalu banyak minum.

Sebenarnya, bunyi pada perut tak hanya terjadi saat lapar, kadang juga saat kenyang.

Suara perut yang terjadi saat kekenyangan diakibatkan usus tidak mampu mencerna seluruh asupan makan yang dimakan. Hal itu disebabkan karena usus mulai menghasilkan gas.

Kram pada perut ini ternyata berdampak buruk pada kesehatan, seperti gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus atau bahkan serangan diare.

Oleh karena itu, kebiasaan yang dapat mengakibatkan udara masuk kedalam usus (penyebab kram) harus kita ubah. Berikut tips yang bisa anda terapkan agar tidak mengalami kram pada perut, yaitu:

1. Makan perlahan dan mengunyah  dengan benar. Hal ini akan membantu dalam membantu pencernaan dan mencegah produksi gas yang tidak diinginkan dalam tubuh.

2. Hindari berbicara sambil makan karena akan mencegah udara memasuki tubuh.

3. Minum menggunakan sedotan. Langkah ini untuk membatasi udara masuk kedalam tubuh.
Baca Berita Asal
3 Cara Mencegah Kram Pada Perut
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Cara Mencegah Kram Pada Perut"

Post a Comment

Powered by Blogger.