Search This Blog

Memasak Menggunakan Panci Aluminium Berpotensi Mengurangi IQ Anak

Metrotvnews.com, Jakarta: Panci jenis aluminium bisa jadi pilihan utama ibu rumah tangga sebagai salah satu alat untuk memasak. Mungkin, alasan utamanya yaitu harga yang murah.

Namun, hasil sebuah penelitian bisa membuat para ibu tidak lagi menggunakan alat masak aluminium. Sebab, temuan yang dipublikasikan dalam Science of the Total Environment, aluminium mengandung kadmium. 

Kadmium bisa menjadi racun yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan berkaitan dengan kematian kardiovaskular dan karsinogenik. 



Selain itu, efek pada anak-anak yaitu kerusakan otak, keterbelakangan mental, performa di sekolah yang lebih rendah dan berbagai efek kesehatan lainnya.

(Baca juga: 9 Indikator Kecerdasan Manusia Selain IQ Tinggi)

Menurut penelitian, peralatan masak aluminium terbuat dari besi tua, kaleng dan puing-puing industri lainnya, dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Parahnya, hal ini belum diketahui oleh jutaan orang.

"Tereksposur kadmium dari penggunaan rutin panci ini secara signifikan akan mengurangi IQ dan performa di sekolah yang lebih rendah serta berkontribusi jutaan kematian akibat penyakit kardiovaskular," kata penulis utama studi Jeffrey Weidenhamer dari Ashland University.

Para peneliti menguji sampel dari aluminium cookware dibuat di 10 negara berkembang. Pengujian dilakukan dengan merebus asam selama dua jam untuk melihat ekstraksi dalam larutan.

Hasilnya, memasak menggunakan panci alumunium merilis tingkat signifikan kandungan arsenik dan kadmium. Bahkan, tingkat kandungan logam kadnium yang larut mencapai 31 persen. 

Peneliti juga menemukan, kadar aluminium rata-rata enam kali lebih besar dari pedoman yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO).

"Paparan dari peralatan masak aluminium murah memiliki potensi mengganggu kesehatan masyarakat jauh lebih besar daripada cat timah atau sumber lain yang berbahaya terkenal yang umum di seluruh dunia," kata Perry Gottesfeld dari Occupational Pengetahuan Internasional.

"Makanan yang dimasak dalam alat ini mungkin menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap epidemi keracunan timbal berkelanjutan," ucap Gottesfeld.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2jTvXK8; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Memasak Menggunakan Panci Aluminium Berpotensi Mengurangi IQ Anak
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Memasak Menggunakan Panci Aluminium Berpotensi Mengurangi IQ Anak"

Post a Comment

Powered by Blogger.